Sukses

Batuk dan Pilek, Penyakit yang Paling Banyak Dikeluhkan Warga Muara Angke

Selain mengeluhkan gangguan kesehatan seperti sakit kepala dan badan pegal-pegal, rata-rata warga Muara Angke juga melaporkan keluhan penyakit tertentu

Liputan6.com, Jakarta "Badan saya pegal-pegal dan sakit. Kadang agak sesak napas di dada." Sepenggal keluhan penyakit iitu disampaikan seorang warga Kampung Nelayan Kerang Hijau, Muara Angke Ujung, Jakarta Utara. 

Merespons keluhan dari warga, salah satu dokter umum menyarankan agar pasien selalu melakukan gerak badan. Tak hanya menyarankan, dokter juga memperagakan gerakan mengangkat kedua tangan dengan badan digerakkan ke kiri dan kanan.

"Kebanyakan mereka mengeluh sakit kepala dan badan pegal-pegal," ungkap dokter umum Starlait Rahesti Batubara kepada Health Liputan6.com saat ditemui di Kampung Nelayan Kerang Hijau, Muara Angke, Jakarta, Senin, 1 April 2019.

Dokter Starlait termasuk salah satu dokter umum yang menangani warga Muara Angke dalam pengobatan gratis pada Senin (1/4/2019). Pengobatan gratis ini merupakan rangkaian acara Indonesia Health Care Corporation (IHC) yang digelar oleh Pertamedika IHC.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batuk, Pilek, dan Tekanan Darah Tinggi

Selain mengeluhkan gangguan kesehatan seperti sakit kepala dan badan pegal-pegal, rata-rata warga Muara Angke juga melaporkan keluhan penyakit tertentu seperti batuk, pilek, dan tekanan darah tinggi.

"Kebanyakan mereka juga punya sakit tertentu, seperti batuk pilek dan tekanan darah tinggi. Penyakit ini bisa dibilang umum dialami masyarakat lain," tambah Starlait, yang berpraktik di RS Port Medical Center/PMC (RS Pelabuhan).

Saat sakit, warga Muara Angke biasa pergi ke puskesmas. Namun tampaknya perlu sosialisasi lebih gencar agar warga Muara Angke lebih sadar menjaga kesehatan. Ini karena tuntutan pekerjaan membuat mereka terkadang malas ke puskesmas ketika merasakan ada gangguan kesehatan.

"Kadang lalai atas (penyakit) apa yang mereka rasakan," ujar Starlait.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini