Sukses

5 Tanda Kehamilan yang Mirip Siklus Menstruasi

Tanda-tanda kehamilan memang beragam. Kadang ibu hamil mengalami gejala yang hampir serupa dengan gejala ketika ingin memasuki siklus menstruasi

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tanda kehamilan terkadang begitu samar dan serupa dengan tanda kondisi lain, seperti misalnya ketika memasuki masa menstruasi. Itu sebabnya banyak wanita yang keliru menangkap tanda yang muncul. Apa saja tanda kehamilan yang mirip dengan tanda menstruasi? Simak sharing Mommy Fitri Amalia Azzahra dari Babyologist berikut ini.

Tanda-tanda kehamilan memang beragam. Kadang ibu hamil mengalami gejala yang hampir serupa dengan gejala ketika ingin memasuki siklus menstruasi atau sedang menstruasi. Apa saja tanda kehamilan yang sama atau mirip dengan menstruasi?

1. Munculnya flek atau bercak darah

Sebagian ibu hamil mengalami tanda-tanda awal kehamilan dengan munculnya flek atau bercak darah. Bercak darah yang muncul sebagai tanda awal kehamilan ini disebut implantasi. Flek atau bercak darah ini juga muncul sebagai tanda awal menstruasi. Namun, flek atau bercak darah yang muncul ketika wanita memasuki menstruasi, biasanya diawali dengan flek kecoklatan kemudian berlanjut dengan keluarnya darah haid.

2. Kram Perut

Kram perut pada saat menstruasi mungkin merupakan hal yang biasa, namun ada juga ibu hamil yang mengalami kram perut pada masa awal kehamilannya. Hal ini dikarenakan terjadinya implantasi embrio.

3. Sakit Punggung

Bertambahnya berat janin yang dikandung ibu, membuat ibu hamil kerap kali mengalami sakit punggung. Sakit punggung juga biasanya dialami oleh wanita yang sedang mentruasi.

4. Mudah Kelelahan dan Pusing

Mudah kelelahan dan pusing muncul sebagai tanda awal kehamilan, hal ini dikarenakan penurunan tekanan darah dan penyempitan pembuluh darah. Saat memasuki siklus menstruasi, kebanyakan wanita juga akan mengalami hal yang sama, mudah kelelahan dan pusing. Namun pada wanita yang sedang menstruasi, lelah dan pusing disebabkan karena jumlah darah yang keluar, sehingga wanita yang sedang menstruasi berisiko mengalami anemia.

5. Mood Swing

Mood swing atau perubahan suasana hati sama-sama dialami oleh ibu hamil dan wanita yang sedang menstruasi akibat perubahan hormon.

Tanda-tanda kehamilan yang dialami ibu hamil tidak semuanya sama. Agar Moms tidak menebak-nebak apakah Moms hamil atau akan memasuki siklus menstruasi, ada baiknya segera lakukan pengecekan dengan testpack atau USG apabila mengalami gejala di atas disertai terlambat datang bulan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini