Sukses

Cara Ampuh Cegah Mag Kambuh

Mengatur waktu dan pola makan merupakan kunci agar mag tidak kambuh.

Liputan6.com, Jakarta Mengatur waktu dan pola makan yang baik adalah kunci mencegah mag kambuh seperti disampaikan dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi hepatologi, Hendra Nurjadin.

"Pola makan harus baik. Boleh pas sarapan cukup dengan snack (camilan). Jangan banyak makan dan terlalu kenyang jelang makan siang," tutur Hendra saat ditemui di Jakarta, ditulis Minggu (31/3/2019).

Sesi snack bisa antara pukul 09.00 dan 10.00 pagi. Lalu. camilan sore antara pukul 15.00 dan 16.00. Pastikan juga saat makan berat porsinya tidak berlebihan.

 

Ketika seseorang memiliki pola makan tidak teratur hal ini membuat lambung jadi sensitif. Hal ini kemudian berujung pada peningkatan asam lambung seperti mengutip laman KlikDokter.

Ketika produksi asam lambung berlebihan dapat menyebabkan terjadinya gesekan pada dinding lambung dan usus halus. Seseorang akan merasa nyeri pada ulu hati, yang merupakan salah satu tanda sakit maag.

"Asam lambung naik secara berlebihan ke esofagus (kerongkongan). Jadi, sakit mag itu menyasar pada saluran pencernaan bagian atas (kerongkongan)," tambah Hendra yang berpraktik di RSPI - Puri Indah.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.