Sukses

Menangis Bukan Tanda Lemah, Ini 4 Manfaatnya

Menangis ternyata menyimpan sejumlah manfaat tak terduga untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang mengidentikkan menangis sebagai tanda orang yang lemah. Terlepas dari anggapan itu, menangis merupakan salah satu bentuk luapan emosi.

Menangis ternyata menyimpan sejumlah manfaat tak terduga untuk kesehatan. Dilansir dari Mag for Women, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa didapat dari kebiasaan menangis.

Membersihkan Racun

Melalui air mata, sebenarnya racun dalam tubuh bisa dikeluarkan ketika seseorang menangis. Racun-racun tersebut sifatnya cukup berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, membersihkan racun dari dalam tubuh setidaknya mampu menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Menguatkan Diri

Menangis bisa jadi sebuah bentuk latihan bagi jiwa. Pasalnya, mengeluarkan segala emosi negatif melalui tangisan jauh lebih baik daripada memendamnya dalam hati. Menangis seperti olahraga bagi perasaan sehingga suatu saat ketika berada di posisi serupa, hati bisa lebih kuat dan tegar.

 

Membuat Rileks

Banyak orang mengaku kalau menangis membuat mereka lebih lega. Menangis bisa membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang bersifat meredakan rasa sakit dalam tubuh. Jadi dengan menangis, tubuh dan pikiran otomatis menjadi lebih rileks.

Menyehatkan Jantung

Sebuah penelitian menyebut kalau mengekspresikan rasa sakit bisa membuat seseorang berisiko rendah terkena penyakit jantung. Oleh sebab itu, tidak perlu menahan diri ketika ingin menangis karena menangis ternyata menyehatkan jantung.

 

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.