6 Tanda Masalah Kesehatan Serius yang Terjadi Saat Anda Tidur

Oleh Liputan6.com pada 27 Mar 2019, 21:00 WIB
Tidur

Liputan6.com, Jakarta Tubuh selalu punya cara memberitahu kondisi Anda saat ini. Salah satunya lewat aktivitas tidur di malam hari. 

Selama ini, kita diberitahu bahwa kuantitas dan kualitas tidur yang buruk bisa memengaruhi kesehatan secara menyuluruh. Namun, kita tidak menyadari bahwa segala hal yang terjadi saat tidur, sekecil apa pun, adalah tanda 'ada sesuatu yang buruk' di badan kita.

"Kami menganggap tidur yang baik berkaitan dengan kualitas dan kuantitas tidur," kata dokter keluarga dari Summit Medical Group di New Jersey, Amerika, Beena Jani.

"Kurang tidur memang dapat menyebabkan kondisi medis yang kronis, tapi tidur yang buruk bisa menjadi tanda yang tak beres," Beena menekankan.

 

2 of 6

Bagaimana tidur bisa melakukannya?

Bangun tidur
Ilustrasi bangun tidur (iStockphoto)

Jika salah satu dari enam hal ini terjadi saat tidur, mungkin kondisi tubuh Anda sedang tidak sehat. Melansir dari Women's Health pada Rabu, 27 Maret 2019, berikut tanda-tandanya:

1. Mendengkur terus-menerus

Beena, menyatakan, dengkuran yang terdengar seperti mendengus atau terengah-engah, dan rasa kantuk juga dirasakan saat siang hari, mungkin Anda memiliki sleep apnea.

Sleep apnea, merupakan gangguan yang menyebabkan pernapasan sering berhenti ketika tidur. Beena menyarankan untuk menemui layanan kesehatan untuk mengonsultasikannya.

 

3 of 6

2. Tubuh berkeringat saat bangun tidur

Sering berkeringat saat bangun tidur? Anda perlu memeriksanya. Apakah hal itu disebabkan suhu kamar yang memang panas, atau malah tanda adanya gangguan pada hormon.

Kondisi tiroid dan menopause menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang bisa berakibat keringat berlebihan di malam hari. Jangan takut untuk memberi tahu dan konsultasi pada dokter yang Anda percayai.

 

4 of 6

3. Bangun tidur keram

Dr. Jani menyatakan bahwa jika Anda mengalami kram sesekali, seharusnya bukan merupakan penyakit bagi tubuh. Namun, jika setiap hari mengalami kram otot, hal ini dapat mengakibatkan dehidrasi, anemia, kekurangan elektrolit, atau penderitaan radang sendi/ortopedi.

 

5 of 6

4. Buang air kecil

Selalu bangun untuk buang air kecil dapat menandakan penyakit atau masalah pada kandung kemih.

Sebelum berbicara kepada dokter, lihat rutinitas malam Anda. Jika sering minum sebelum tidur, bisa jadi memang karena ingin buang air kecil saja.

 

6 of 6

5. Bangun karena batuk yang Anda keluarkan

Batuk seperti ini bisa menjadi pertanda asma dan penyakit jantung.

"Asma cenderung memburuk di malam hari," kata Dr Jani.

Dia juga menambahkan bahwa bangun karena batuk bisa juga menjadi pertanda masalah yang tidak serius tetapi perlu diwaspadai, karena posisi tidur horizontal dapat membuat zat asam di perut naik ke kerongkongan dan menyebabkan iritasi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait