Sukses

Jangan Asal Yoga, Pilih yang Cocok buat Anda

Jangan asal yoga, tapi pilih jenis yoga yang cocok buat Anda. Berikut jenis-jenis yoga

Liputan6.com, Jakarta Salah satu jenis olahraga yang tengah tren saat ini adalah yoga. Olahraga yang berasal dari India ini setidaknya telah ada sejak seribu tahun lalu dan telah menarik banyak minat masyarakat hingga sekarang.

Sebelum melakukan yoga, setidaknya Anda harus mengenal jenis serta manfaatnya. Bagi Anda yang tertarik, jangan asal yoga tapi pilih jenis yoga yang cocok buat Anda, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Hatha Yoga

 

Jenis yoga ini terbilang cocok bagi pemula. Sebab gerakannya sederhana dan terdiri dari gerakan-gerakan dasar.

Hatha Yoga lebih melakukan gerakan dasar seperti pengantar dan teknik pernapasan. Setiap gerakan yang dilakukan dalam yoga ini cenderung untuk memberikan kenyamanan dalam setiap gerakan fisik dan pernafasan, bukan mengedepankan kecepatan seperti yoga pada umumnya.

Fungsi dari Hatha Yoga ini adalah untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh dan berfungsi pula untuk mengurangi stres yang berlebih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Vinyasa Yoga

Yoga Vinyasa merupakan salah satu yoga yang dikenal dengan gerakan dinamis. Tak heran bisa yoga yang satu ini cukup banyak diminati penggemar yoga.

Dinamis yang dimaksud yakni tidak memiliki aturan-aturan tertentu terkait gerakan di dalamnya. Tak mengherankan jika setiap kali Anda mengikuti kelas yoga vinyasa, setiap pertemuannya akan memiliki gerakan-gerakan yang berbeda dari sesi sebelumnya.

Saat melakukan Yoga Vinyasa, Anda akan diajarkan untuk melakukan koordinasi antara pernapasan, gerakan fisik, dan postur dengan tempo antar gerakan yang cukup cepat. Yoga Vinyasa tidak menawarkan aturan yang terlalu ketat terhadap gerakannya dan cenderung spontan.

Setiap gerakan Yoga Vinyasa memiliki manfaat yang cukup baik untuk memperkuat koordinasi antar otot dan pernapasan.

3 dari 6 halaman

3. Bikram Yoga

Salah satu jenis yoga yang saat ini banyak dikenal masyarakat adalah Bikram Yoga. Jenis Yoga ini memiliki dua rangkaian pernafasan serta 26 gerakan.

Hal yang membedakan Bikram yoga dengan jenis lainnya adalah terletak pada tempat melakukannya, di mana suhunya harus diatur kurang lebih 40,6 derajat celcius serta memiliki kelembapan sebesar 40 persen.

Jenis Yoga ini sangat cocok untuk Anda yang berniat membakar kalori lantaran mampu membakar kalori melalui ruangan dengan suhu yang cukup panas.

Tak cukup hanya di ruangan dengan suhu yang panas, Bikram Yoga juga memiliki gerakan-gerakan yang semakin membuat Anda berkeringat. Hal tersebut membuat gerakan semakin berat, namun juga terbilang cukup efektif untuk Anda yang ingin membuang lemak-lemak jahat hingga membuang racun yang berada dalam tubuh.

4 dari 6 halaman

4. Yoga Ashtanga

Jenis yoga ini terbilang cukup menantang lantaran memiliki 6 postur yoga yang dapat dipraktikkan atau yang dikenal dengan sebutan Ashtanga series.

Yoga ini menawarkan perpaduan antara pernapasan dengan gerakan-gerakan tertentu yang bertujuan untuk membersihkan tubuh. Tujuan dari yoga jenis ini adalah memperkuat koordinasi antara otot dan sendi.

Perlu Anda ketahui, bagi yang baru mencoba jenis yoga ini agar ditemani oleh instruktur agar gerakan tidak salah sehingga tujuan dari yoga dapat tercapai, yakni meningkatnya kekuatan mental serta fisik.

5 dari 6 halaman

5. Yoga Iyengar

Yoga Iyengar adalah jenis yoga yang menawarkan gerakan sistematis dan memerhatikan setiap anatomi tubuh secara detail. Guna mendukung gerakan yang presisi tersebut, biasanya yoga Iyengar menggunakan bantuan alat-alat, seperti tali, selimut, kursi, balok, hingga bantalan.

Selain mendukung gerakan yang presisi, dengan bantuan alat juga diharapkan mampu membentuk postur yang ideal. Jenis yoga ini sangat cocok untuk Anda yang suka melakukan gerakan dengan detail.

Manfaat dari yoga Iyengar adalah meningkatkan kekuatan atau strength, stabilitas tubuh, hingga fleksibilitas tubuh Anda. Jenis Yoga ini juga cocok untuk Anda yang ingin menjaga kebugaran tubuh dengan cara melakukannya untuk terapi.

6 dari 6 halaman

6. Yoga Yin

Jenis yoga selanjutnya yang biasa diikuti adalah yoga Yin. Jenis yoga ini terbilang sangat cocok untuk Anda yang tidak menyukai banyak gerakan sehingga terlihat lebih pasif dibandingkan yoga pada umumnya.

Dalam satu gerakan saja, yoga Yin memiliki durasi yang cukup lama yakni 3 hingga 5 menit. Secara garis besar, yoga Yin memiliki gerakan antara duduk dan berbaring sehingga membuat mereka yang mengikuti kelas yoga ini menjadi lebih rileks.

Meskipun gerakannya sederhana, namun yoga Yin ini memiliki fungsi yang cukup banyak, diantaranya adalah cocok untuk Anda yang ingin berlatih meditasi sehingga mampu mendapatkan ketenangan.

Jangan Memaksakan Diri dan Hindari Cedera

Demikianlah beberapa jenis yoga yang cocok untuk Anda yang ingin mulai mempraktikkannya.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat yoga pertama kali adalah jangan pernah memaksakan postur yang memang belum dikuasai. Bukannya menjadi sehat yang terjadi justru Anda mengalami cedera.

Selanjutnya perhatikan pula instruksi dari instruktur sehingga gerakan yang Anda lakukan benar dan hasil dari yoga pun maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini