Sejenak Menikmati Keindahan Air Terjun Toran Madura di Toilet Bandara Juanda

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 24 Mar 2019, 15:00 WIB
Diperbarui 26 Mar 2019, 14:13 WIB
Toilet

Liputan6.com, Surabaya Kini, penumpang bisa menikmati keindahan Air Terjun Toran Madura di toilet Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur. Setidaknya dalam bentuk seni 3 dimensi. Penampakan Air Terjun Toran Madura itu berada di area kedatangan Terminal 2 (T2) Bandar Udara Internasional Juanda. 

Seni 3D Air Terjun Toran itu memang indah dan lokasinya tak biasa yakni di toilet. Tak ayal, penumpang banyak berswafoto ria. Toilet 3 dimensi ini pun menjadi viral.

Sambil menunggu waktu penerbangan, Health Liputan6.com yang akan terbang pulang ke Jakarta kemarin, Sabtu, 23 Maret 2019 menyempatkan diri menjajal toilet 3 dimensi yang tengah viral tersebut.

Setelah mencetak boarding pass, kami kembali menuju lobi keberangkatan Bandara Juanda lalu berjalan hingga ke ujung lorong belakang, yang terdapat toilet. Di depan toilet wanita, penumpang disuguhi gambar 3 dimensi berupa tebing bebatuan dengan air terjun.

Tiba di dalam toilet, mata pun dimanjakan dengan keindahan lukisan Air Terjun Toran Madura. Gambar 3 dimensi yang seakan hidup membuat penumpang terasa berada di air terjun. 

Hal menarik dialami Health Liputan6.com saat mencoba berfoto di Air Terjun Toran Madura. Seorang petugas kebersihan toilet mengarahkan, pose yang cocok dan terbaik. 

"Gayanya sambil jongkok saja Mbak, di sini (menunjuk gambar rerumputan yang hijau di lantai). Terus tangannya menengadah. Jadi, seakan-akan (posenya) lagi menyiduk air," ujar petugas kebersihan--tanpa menyebut nama--kepada Health Liputan6.com dengan mempraktikkan apa yang diucapkannya.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

2 of 3

Sasaran swafoto

Toilet
Toilet 3 dimensi bergambar Air Terjun Toran Madura ciptakan pengalaman berkesan. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Hasil jepretan foto sesuai yang diarahkan petugas kebersihan memang bagus. Latar belakang air terjun dan pose jongkok dengan tangan menyiduk air seakan kita berada di lokasi air terjun nyata.

Foto-foto 3 dimensi pun berhasil difoto. Saat Health Liputan6.com berada di toilet tersebut, hanya 4-6 orang yang masuk ke toilet. Waktu menunjukkan pukul 15.46 waktu setempat. Suasana pun terbilang sangat lengang dan sepi.

Dalam pantauan Health Liputan6.com, penumpang yang masuk ke toilet langsung berfoto ria. Setelah itu, mereka baru menggunakan bilik toilet. 

Tak hanya penumpang asal Indonesia, ada juga dua orang penumpang asal Tiongkok yang ikut berfoto. Sambil berbicara dalam bahasa Mandarin, mereka bergantian berfoto. 

Bahkan petugas kebersihan toilet tak segan-segan menawarkan bantuan untuk membantu mengambil foto. Ada juga penumpang yang hanya mampir ke toilet dan berfoto, tanpa menggunakan bilik toilet. 

"Desain ini mulai ramai sejak Januari 2019 kemarin, banyak juga penumpang yang berfoto di sini. Baru di  toilet wanita ini saja. Toilet di area lain enggak ada. Satu lagi toilet pria di depan itu, gambarnya Gunung Bromo," lanjut petugas kebersihan toilet.

Ia pun tidak masalah dan sangat senang membantu penumpang yang ingin berfoto.

 

3 of 3

Ciptakan pengalaman berkesan

Toilet
Toilet 3 dimensi bergambar Air Terjun Toran Madura diharapkan jadi promosi pariwisata Jawa Timur. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Kehadiran 3 dimensi pada toilet termasuk upaya beautifikasi (mempercantik) toilet. General Manager Bandara Internasional Juanda, Heru Prasetyo mengatakan, beautifikasi toilet menjadi salah satu cara membenahi fasilitas untuk para pengguna jasa kebandarudaraan.

"Toilet dengan konsep gambar 3D ini juga merupakan bagian dr upaya PT Angkasa Pura I (Persero) untuk menciptakan pengalaman yang mengesankan bagi pengguna jasa bandara," tuturnya.

Beautifikasi toilet 3D seluas 50.73 meter persegi mulai dilaksanakan pada 1 November dan mulai dipergunakan pada 23 Desember 2018 menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2019.

"Konsep desain toilet 3D dengan pemandangan pariwisata daerah Jawa Timur diharapkan mampu menjadi media promosi. Ini bertujuan meningkatkan kunjungan wisatawan melalui Bandar Udara Internasional Juanda.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by