Tak Terduga, 9 Barang yang Kamu Pinjam Ini Bisa Timbulkan Masalah Kesehatan

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 22 Mar 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 23 Mar 2019, 18:13 WIB
9 Barang yang Sering Dipinjam

Liputan6.com, Jakarta Terkadang karena sudah terlalu dekat dengan seseorang, dengan mudah kita akan meminjamkan barang-barang termasuk barang pribadi. Hal tersebut bahkan terbilang menjadi hal yang lumrah.

Tapi tak banyak yang tahu bahwa hal itu ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Jadi sebaiknya mulai sekarang kamu harus menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Nyatanya ada banyak barang pribadi yang sebaiknya tidak kamu pinjamkan kepada orang lain.

Bukan masalah pelit, tapi hal ini bisa berisiko pada masalah kesehatan masing-masing. Hampir 90% orang tidak mengetahui barang-barang apa yang jika dipinjam justru akan menimbulkan masalah kesehatan.

Mengapa demikian? Barang pribadi yang dipinjamkan kepada orang lain, akan memengaruhi kesehatanmu juga.

Jadi untuk melindungi kesehatanmu, sebaiknya barang ini disimpan untuk penggunaan individu saja. Berikut 9 barang yang tidak harus kamu pinjamkan seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/3/2019).

2 of 3

Fakta 9 Barang yang Sering Dipinjam

9 Barang yang Sering Dipinjam
Ilustrasi 9 Barang yang Sering Dipinjam (sumber: pixabay)

1. Gunting kuku

Gunting kuku adalah benda yang seringkali digunakan bersama-sama tapi tahukah kamu ada sejumlah besar virus, bakteri dan jamur di kuku manusia. Oleh karena itu, benda ini sebaiknya kamu gunakan secara pribadi demi mengurangi risiko penyakit jamur dan HPV (human papillomavirus).

Human papillomavirus atau HPV adalah virus yang dapat menyebabkan tumbuhnya kutil di berbagai bagian tubuh. Virus ini hidup pada sel-sel kulit dan memiliki lebih dari 100 jenis. Ada sekitar 60 jenis HPV penyebab kutil yang biasanya menginfeksi bagian-bagian tubuh seperti kaki dan tangan, sementara 40 lainnnya memicu munculnya kutil kelamin.

2. Anting

Kedua adalah benda khusus wanita yaitu anting, sebab ada banyak pembuluh darah di telinga. Itu sebabnya, sangat mudah terinfeksi penyakit yang ditularkan melalui darah hanya dengan anting teman. Tetapi jika kamu tetap ingin meminjam anting, sebaiknya kamu bersihkan terlebih dahulu dengan alkohol.

3. Lipstik

Di bawah permukaan bibir, ada pembuluh darah juga, di mana mereka masuk ke bagian wajah melalui aliran darah, bahkan mikroba. Virus herpes juga bisa dengan mudah ditularkan dari satu orang ke orang lain ketika berbagi lipstik, meski tidak ada gejala dari penyakit tersebut.

4. Pinset alis

Jika kamu menggunakan pinset orang lain untuk mencabut beberapa helai rambut itu tidak akan menakutkan. Tetapi jika kamu menggunakannya untuk mencabut rambut dan keluar darah, alat ini bisa membuat penyakit serius. Dalam kasus ini pinset bisa membawa hepatitis C dan HIV.

3 of 3

Fakta 9 Barang yang Sering Dipinjam

9 Barang yang Sering Dipinjam
Ilustrasi 9 Barang yang Sering Dipinjam (sumber: pixabay)

5. Deodoran

Pada deodoran terdapat ball pada ujungnya, ball tersebut bisa membawa infeksi serius. Terutama jika bakteri yang muncul akibat luka kecil saat mencukur rambut ketiak. Deodoran yang harum hanya menutupi bau dan tidak mencegah multiplikasi bakteri. Karena itu, selalu pilih deodoran dengan bahan antibakteri dan jangan membaginya, bahkan dengan keluarga kamu.

6. Sabun batang

Mikroorganisme menutupi batang sabun setelah digunakan, tidak hanya mikroba yang berbahaya tetapi juga virus yang berbahaya. Bahayanya, adalah ketika sabun ini terletak di tempat yang basah, karena lingkungan yang lembab akan membuat bakteri, jamur dan virus semakin berkembang.

7. Sisir

Jangan meminjamkan sisir pada siapa pun, karena ini akan meningkatkan risiko penangkapan parasit seperti kutu, kudis, dan infeksi staph. Jika kamu berbagi sisir rambut, segera bersihkan dengan sambun, dan cara terbaiknya adalah tidak berbagi sisir dengan orang lain.

8. Kuas makeup

Hindari beberapa produk rias yang bersentuhan dengan cairan tubuh seperti air mata, mukosa hidung, air liur, atau nanah jerawat. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk berbagi eyeliner, eyeshadow, maskara, concealer, makeup base, lipstik dan rouge. Juga sebaiknya jangan meminjamkan kuas makeup atau menggunakan sample di toko secara sembarangan.

9. Earphone

Terakhir adalah earphone, yang bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri di telinga. Jika kamu berbagi earphone bersiaplah untuk bakteri seperti streptococcus dan staphylococcus untuk masuk ke telinga dan menyebabkan infeksi, bisul, dan pustula. Jika kamu masih ingin berbagi aksesori ini dengan seseorang atau meminjamnya, bersihkan headphone dengan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol.

Lanjutkan Membaca ↓