Sukses

Rutin Bercinta Bikin Awet Muda, Mitos atau Fakta?

Katanya bercinta bisa membuat awet muda, apa iya? Sebuah studi mengungkap faktanya.

Liputan6.com, Jakarta Bagi pasangan suami istri, bercinta bisa membuat hubungan makin dekat, menghilangkan stres, memperbaiki tidur, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, satu lagi yang mungkin Anda tidak tahu, bercinta bisa memperlambat penuaan.

Sebuah studi yang dilakukan peneliti University of California, Amerika Serikat, meneliti 129 orang yang telah berstatus sebagai ibu. Para partisipan diminta mencatat kepuasan hubungan seksnya. Selain itu, peneliti juga mengambil sampel darah untuk mengetahui indikator penuaan di sel-sel tubuh.

Seperti dikutip laman Reader's Digest, Selasa (19/3/2019) peneliti menemukan bahwa istri yang bercinta sekali dalam seminggu memiliki telomer yang jauh lebih panjang. Telomer, merupakan tutup pelindung pada DNA yang menentukan umur sel.

Sebenarnya, telomer akan rusak akibat pola makan yang buruk, konsumsi alkohol, dan proses alami yakni penuaan. Namun, hubungan seks yang teratur dapat memperbaiki kerusakan itu, sehingga tetap awet muda.

Telomer yang pendek, menurut peneliti, identik dengan masalah kesehatan serius seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Sementara, telomer yang lebih panjang tampaknya bisa mencegah penyakit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seks seminggu sekali bikin hubungan bahagia

Tak hanya membuat lebih studi, studi lain menunjukkan manfaat bercinta seminggu sekali.

Dalam studi berjudul Couples Who Have Sex Weekly Are Happiest hubungan seks sekali dalam seminggu cenderung lebih bahagia dibanding dengan mereka yang melakukan seks lebih dari sekali dalam seminggu.

"Temuan kami menunjukkan bahwa penting untuk menjaga hubungan intim dengan pasangan Anda," ucap Amy Muise, peneliti utama dari penelitian yang dapat dibaca di laman website Society for Personality and Social Psychology tersebut.

"Jadi, Anda tidak perlu melakukan hubungan seks setiap hari untuk mempertahankan keintiman." tambahnya.

 

 

Penulis: Dara Elizabeth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini