Sandi Uno Sebut Kacang Hijau untuk Atasi Stunting, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan?

Oleh Dyah Puspita Wisnuwardani pada 19 Mar 2019, 08:00 WIB
Manfaat kacang hijau

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, menyebut susu dan kacang hijau sebagai solusi atasi stunting pada Debat Cawapres 2019, Minggu (17/3/2019).

Cawapres berlatar belakang pengusaha itu berpendapat, pemberian asupan bergizi seperti susu dan kacang hijau pada anak-anak Indonesia akan mampu mengatasi masalah kekerdilan di Indonesia.

"Kami yakin gizi anak akan baik, kalau kita beri program antara sistem pendidikan di mana TK dan SD menyiapkan susu dan kacang hijau seperti yang kami jalankan di Jakarta," kata Sandiaga Uno di Hotel Sultan, Jakarta.

Riset kesehatan dasar (riskesdas) 2018 memang menunjukkan turunnya angka stunting di Indonesia dari 37,2 persen pada 2013 menjadi 30,7 persen. Namun, angka tersebut masih terbilang tinggi dan menghantui bonus demografi Indonesia pada 2040. Bila tak segera ditangani, alih-alih menguntungkan justru akan membebani Indonesia.

Efektif atau tidaknya pemberian kacang hijau di samping susu pada anak usia TK dan SD untuk mengatasi stunting seperti yang disebutkan Sandiaga Uno, masih perlu dibuktikan. Namun, tak ada salahnya menilik manfaat kesehatan dari kacang hijau. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

 

2 of 3

Kandungan gizi kacang hijau

Kacang hijau adalah jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan gizi seimbang. Kacang hijau mengandung vitamin, mineral, serta enzim yang kaya manfaat. Kandungan tersebut membuat kacang hijau jadi menu yang sangat sehat dan bergizi.

Mengutip laman ncbi, banyak organisasi kesehatan di dunia yang merekomendasikan peningkatan makanan berbasis nabati untuk mencegah penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Salah satu makanan yang dimasukkan dalam program-program kesehatan dunia adalah kacang hijau (Vigna radiata) yang kaya nutrisi dan memiliki kemampuan detoksifikasi alami.

Kacang hijau mengandung sekitar 20,97-31,32 persen protein. Kandungan protein dalam kacang hijau lebih tinggi dibandingkan dengan kedelai atau kacang merah.

3 of 3

Manfaat kacang hijau untuk kesehatan

Sementara itu, sebuah studi pada 2014 membuktikan, kacang hijau memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti yang dimuat oleh laman Medicalnewstoday.

1. Efek antioksidan

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa senyawa dalam kacang hijau menunjukkan kemampuan antioksidan.

2. Bersifat antijamur dan antimikroba

Antijamur dan antimikroba pada kacang hijau juga bisa menghalau bakteri Helicobacter pylori yang menyebabkan sakit perut.

3. Antiradang

Studi mengungkap kemungkinan potensi ekstrak kacang hijau untuk memperbaiki kondisi radang seperti alergi.

4. Baik untuk diabetesi

Studi pada tikus menunjukkan, ekstrak kecambah kacang hijau bisa menurukan kadar gula darah.

5. Mengatasi tekanan darah tinggi

Selain bisa menurunkan kadar gula darah, studi juga menunjukkan ekstrak kecambah bisa membantu menurunkan tekanan darah.

6. Memerangi kanker

Senyawa dalam kacang hijau kemungkinan memiliki fungsi sebagi antitumor.

 

Lanjutkan Membaca ↓