Sandiaga Janji Selesaikan Masalah BPJS di 200 Hari Pertama, Ini Tanggapan IDI

Oleh Benedikta Desideria pada 18 Mar 2019, 16:00 WIB
Debat Capres Cawapres 2019

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Uno mengungkapkan jika terpilih, maka 200 hari pertama kerja, Prabowo-Sandi akan menyelesaikan permasalahan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

"Kami pastikan (jika terpilih) dalam 200 hari pertama, permasalahan BPJS Kesehatan akan selesai. Defisit ditangani, tenaga kesehatan, dan obat dibayar tepat waktu," kata Sandiaga dalam Debat Cawapres 2019 Minggu, 17 April 2019.

Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng M Faqih, yang juga menyaksikan Debat Cawapres 2019 semalam menilai siapa pun yang nantinya terpilih menjadi presiden - wakil presiden bakal mengetahui akar pemasalahannya dalam waktu singkat. Menurutnya, bukan tak mungkin di 100 hari pertama bekerja presiden dan wakil presiden terpilih sudah melakukan pembenahan.

"Kenapa? Karena selama ini semua stakeholder kesehatan dan pemerintah sudah berkali-kali rapat membahas hal itu. Artinya dokumen tentang pembahasan itu sudah ada, makanya saya yakin setelah (presiden-capres) terpilih akan ada pembenahan JKN yang tepat," kata Daeng.

Namun, mengenai cepat atau lambatnya realisasi pembenahan JKN dari BPJS Kesehatan juga tidak lepas dari komitmen presiden-wakil presiden yang terpilih.

"Dua-duanya punya komitmen memperbaiki (JKN dari BPJS Kesehatan), mudah-mudahan komitmen beliau akan tetap semangat dan segera diselesaikan," tutur Daeng saat dihubungi Senin (18/3/2019).

 

 

Saksikan juga video menarik berikut