Sukses

Cara Jitu Moderator Debat Cawapres 2019, Putri Ayuningtyas Atasi Demam Panggung

Melakukan hal ini sebelum naik panggung, jadi jurus jitur moderator Debat Cawapres 2019 Putri Ayuningtyas atasi grogi.

Liputan6.com, Jakarta Sudah satu dekade menjadi jurnalis, rasa grogi kadang masih melanda Putri Ayuningtyas saat tampil di atas panggung baik di depan kamera maupun publik. Jelang Debat Cawapres 2019 nanti malam yang akan dipandunya bersama Alfito Deannova, apakah grogi bakal melanda?

"Menurut saya, orang kalau enggak nervous berarti robot," kata Putri saat dihubungi dua hari sebelum Debat Cawapres 2019.

Saat dihubungi, rasa grogi belum melanda Putri. Namun, ketika sudah mulai melihat set panggung, melihat luas ruangan, mulai mengidentifkasi bakal ada berapa banyak orang, terkadang rasa deg-degan mulai datang.

Untuk mengatasi grogi, Putri punya teknik khusus. Mengatur napas jadi kunci Putri menghilangkan demam panggung.

"Lewat napas, hitung 1-10 sebelum naik panggung itu paling sederhana," tuturnya tenang.

"Biasanya, jika satu kata atau kalimat sudah keluar, itu sudah nyaman tidak nervous lagi," kata wanita yang memulai karier jurnalis di sebuah stasiun teve swasta ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan

Agar tampil prima, jauh-jauh hari sebelum debat Cawapres 2019, ia bersama Alfito sudah mempersiapkan diri. Pada Jumat, 15 Maret 2019, mereka sudah membaca naskah dan memformulasi kalimat untuk tampil memandu debat antara Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno.

"So far, so good. Insya Allah semua berjalan dengan baik," tutur Putri yang kini menjadi news anchor di CNN Indonesia ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini