Bantu Ibu Baru Tingkat Rasa Percaya Dirinya

Oleh Liputan6.com pada 15 Mar 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 15 Mar 2019, 20:17 WIB
Ibu Rumah Tangga

Liputan6.com, Jakarta Menjadi orangtua baru memang sangat menguji rasa percaya diri. Terutama bagi ibu yang selalu bersama bayi, mengurus dan menyusui. Menghadapi hal tersebut tentu tidak mudah.

Rasa stres, gugup, dan takut kerap muncul. Hal ini sangat wajar karena pengalaman pertama

"Sebagian besar ibu mengalaminya dan normal karena memang kita memiliki tanggung jawab yang begitu besar," ujar Yvonne Thomas, Ph.D., seorang psikolog seperti dikutip dari Parents.

Thomas memberi tips pada para ibu baru untuk membaca banyak buku, mengikuti kelas dan berlagaklah seperti pengurus bayi profesional. Percaya pada insting dan lakukanlah.

"Berbicara pada diri sendiri pada bayi kalau semua akan baik-baik saja," ungkapnya.

 

2 of 2

Abaikan pendapat orang lain

Hubungan Ibu dan Anak Perempuan
Ilustrasi Foto Ibu dan Anak Perempuan (iStockphoto)

Saat membuat keputusan, lakukan dengan cepat, tak perlu mempertimbangkan pendapat banyak orang. Apalagi pendapat buruk orang lain yang kerap menghakimi.

"Jangan dengarkan opini negatif, fokuslah pada kebahagiaan dan kenyamanan. Saat bayi nyaman dalam pelukan dan ibu merasa tenang, berarti semuanya baik-baik saja," pesan Thomas.

Untuk mengatasi rasa kebingungan, pertanyaan tentu kerap muncul di kepala soal kondisi bayi alalu apa yang harus dilakukan. Tulis saja dalam jurnal atau buat catatan di ponsel. Saat bertemu dengan dokter si kecil, tanyakan hal tersebut.

"Dokter anak jadi salah satu sumber informasi paling tepat, selalu cari jawaban dari sumber yang dapat dipercaya," tutur Thomas.

Penulis : Mutia Nugraheni  / Dream.co.id

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait