Sukses

12 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Tubuh Bugar Luar Dalam

Yoga baik untuk kesehatan jiwa.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga tak hanya melulu gerakan fisik yang membuat tubuh berkeringat. Pasalnya, terdapat alternatif olahraga lain yang tidak perlu berpindah-pindah tempat namun dapat meningkatkan kualitas mental dan fisik, yang disebut yoga. Yoga sendiri adalah jenis olahraga yang berasal dari negara India.

Aktivitas olah tubuh dan pikiran ini sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Tujuan utama dari yoga sebenarnya jauh dari olahraga. Yakni merilis kekuatan spiritual dan mental dari seseorang. Meski demikian, yoga kini sudah sangat populer sebagai olahraga yang dapat melawan stres dan kecemasan yang kerap melanda masyarakat modern.

Berlatih yoga bisa membuat fisik seseorang tetap bugar serta terhindar dari aneka penyakit. Selain itu, rutin melakukan yoga bisa membantu membuat mental, sosial, emosional, dan spritual seseorang jadi lebih baik.

Praktik olah tubuh ini kini telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi, baik itu berupa gerakan maupun manfaatnya. Namun, secara umum, gerakan yoga berfokus pada latihan pernapasan, meditasi, serta berbagai pose yang ditujukan untuk menciptakan relaksasi dan mengurangi stres.

Maka tak heran jika yoga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Selengkapnya, simak manfaat yoga untuk kesehatan fisik sekaligus mental, yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik

1. Kurangi nyeri sendi

Sebuah studi dalam Rheumatic Disease Clinics of North America pada tahun 2011 menyatakan bahwa berlatih yoga dua kali seminggu bisa membantu meringankan bengkak dan sakit sendi yang diderita oleh seseorang.

2. Melatih otot

Manfaat yoga yang kedua adalah melatih otot tubuh. Tak seperti olahraga kebanyakan, yoga dapat meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel otot, yang pada gilirannya, membantu untuk menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sirkulasi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Menurunkan berat badan

Manfaat yoga selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan sangat penting untuk melindungi penderita diabetes tipe 2 untuk mencegah komplikasi seperti kanker dan penyakit jantung.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu cara untuk menjaga kekebalan tubuh adalah dengan olahraga yoga. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa wanita yang melakukan yoga selama 35 menit setiap hari selama 12 minggu berturut-turut akan mengalami peningkatan imunitas atau kekebalan tubuh.

5. Memperlancar aliran darah

Memastikan aliran darah lancar adalah kunci penting untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Untuk penderita darah tinggi, sangat disarankan untuk melakukan olahraga yoga minimal 45 menit setiap pagi atau sore hari. Dengan olahraga yoga, pikiran akan lebih rileks dan aliran darah bisa lebih lancar.

6. Perut Makin Langsing

Wanita yang melakukan yoga rutin selama 6 bulan akan lebih mudah memiliki perut kecil dan langsing. Dengan melakukan yoga, lemak perut bisa hilang 3 kali lebih cepat dibandingkan orang yang melakukan diet ketat tanpa olahraga yoga rutin.

3 dari 3 halaman

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental

7. Kurangi stres

Ketika tubuh dalam keadaan stres, tubuh akan merilis hormon bernama kortisol, yang membuat seseorang seakan-akan sadar bahwa ia berada dalam situasi yang kurang menguntungkan. Alhasil, hormon ini dapat mengganggu fungsi tubuh dalam jangka panjang.

Dengan yoga, tingkat stres dapat direduksi, sehingga produksi kortisol berkurang dan membuat jiwa jadi lebih tenang. Selain itu, yoga dapat menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks, serta memberikan bantuan fisik dan stres emosional yang dibutuhkan tubuh sepanjang masa-masa kehamilan.

8. Perbaiki mood

Sebuah studi 2011 dari Boston University School of Medicine menemukan bahwa manfaat yoga yang lainnya adalah meningkatkan suasana hati dan menurunkan kecemasan. Hal ini disebabkan karena berlatih yoga dapat meningkatkan kadar asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak.

9. Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur yang buruk sering dihubungkan dengan obesitas, tekanan darah tinggi dan juga depresi. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan yoga secara rutin dapat membantu Anda tingkatkan kualitas tidur.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2005, orang-orang yang mempraktikkan yoga dapat tertidur lebih cepat dibanding mereka yang tidak mempraktikkan yoga. Terlebih lagi, periode tidur berlangsung cukup lama dan mereka merasa lebih tenang saat bangun di pagi hari.

10. Meningkatkan kebiasaan makan sehat

Dengan melakukan yoga, seseorang akan mulai terbiasa dengan jenis makanan yang mengandung banyak gizi. Mereka akan lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

11. Berikan rasa percaya diri

Manfaat yoga untuk kesehatan mental adalah dengan meningkatnya rasa percaya diri seseorang. Ada banyak pose-pose yoga yang menantang, hal ini membutuhkan fisik dan semangat berlatih yang kuat. Sehingga melakukan hal tersebut membutuhkan kekuatan tubuh serta pikiran yang menjadi cara untuk memupuk rasa percaya diri.

12. Mempertajam ingatan

Para ilmuwan yang melakukan scan otak MRI menemukan bahwa orang-orang yang melakukan yoga punya banyak 'gray matter' di otak mereka ketimbang yang tidak melakukan yoga.

Gray matter sendiri berfungsi sebagai pusat pemrosesan atau analisa informasi. Dengan melakukan yoga lebih banyak, area tersebut bisa makin meluas dan berpotensi mempertajam ingatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini