Sukses

Macam Penyakit Paru-Paru, Dilengkapi Gejala yang Perlu Diketahui

Penyakit paru-paru perlu dikenali sejak dini.

Liputan6.com, Jakarta Paru-paru merupakan oragan sistem pernapasan pada manusia dan berhubungan dengan sistem peredaran darah atau sirkulasi vertebrata,. Paru-paru sendiri memiliki fungsi untuk menukarkan oksigen dari udara dan mengeluarkan karbon dioksida atau CO2 dan juga uap air atau H2O. 

Penyakit paru-paru pun terbilang sangat berbahaya. Parahnya, sebagian penderita penyakit paru-paru pada awalnya tidak mengetahui tanda-tanda bahwa ia sedang menderita penyakit paru-paru.

Jika penderita penyakit paru-paru ini tidak ditangani dengan cepat, maka tentu saja bisa memperburuk keadaan yang ada. Hal ini karena perkembangan dari beberapa penyakit paru-paru ini juga sangat cepat.

Gejala dari penderita penyakit paru-paru sebagian besar hampir sama, maka ada baiknya jika dilakukan pemerikasaan dengan cepat oleh ahli.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, mengenai  penyakit paru-paru Senin (11/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Radang Paru-paru

Penyakit radang paru-paru atau pneumonia merupakan salah satu penyakit paru-paru yang menular. Seseorang bisa terkena penyakit ini karena adanya infeksi pada paru-paru.

Tentu saja infeksi yang terjadi pada paru-paru ini bisa menyebabkan kondisi paru-paru kamu membengkak serta terjadinya peradangan. 

Penyakit pneumonia ini pun bisa disebabkan oleh bakteri, virus dan juga jamur yang menyerang. Namun, secara umum yang paling sering menyerang penyakit pneumonia ini ialah bakteri Streptococus dan juga bakteri Mycoplasma Penumoniae.

Selain itu, gejala yang bisa ditimbulkan bila terkena Radang Paru-paru ialah kamu akan mengalami batuk berdahak hingga mengeluarkan darah. Selain itu pastinya nyeri dan juga merasakan sesak pada dada dan kamu pun bisa mengalami demam tinggi bahkan hingga tingkat kesadaran kamu menurun.

3 dari 6 halaman

2. Asma

Tak dipungkiri penyakit paru-paru yang cukup familiar di telinga masyarakat ialah asma atau sesak napas. Asma sendiri merupakan penyakit gangguan pernapasan yang disebabkan adanya penyempitan dan peradangan saluran pernapasan.

Tentu saja hal ini bisa mengakibatkan iritasi dan infeksi pada paru-paru. 

Terkena asma sendiri bukan hanya disebabkan karena infeksi pada paru-paru saja loh. Beberapa pemicu asma justru karena alergi terhadap sesuatu, baik itu makanan, minuman, obat tertentu, cuaca dingin ataupun alergen. Alergen sendiri merupan sesuatu pertikel kecil yang bisa terhirup dan menyebabkan penyempitan saliran pernapasan.

Penyakit asma yang diderita setiap orang pun bisa berbeda-beda, hal ini tergantung pada serangan asma yang ada. Namun tentu saja jika menderita asma kamu tak boleh untuk membiarkannya. Karena, jika mengalami sesak napas yang cukup berat bisa-bisa nyawa menjadi taruhannya.

4 dari 6 halaman

3. Pneumotoraks

Pneumotoraks sendiriri ialah pengumpulan udara ataupun gas pada rongga pleura yang berada di antara paru-paru dan juga toraks. Penyakit ini pun bisa terjadi secara tiba-tiba pada orang yang sehat. Namun bisa juga menyerang seseorang yang telah memiliki penyakit komplikasi pada paru-paru.

Penyakit ini dapat berbahaya apabila tekanan udara yang ada pada paru-paru tinggi. Hal ini karena dapat menyebabkan paru-paru kamu mengempis.

Tekanan udara pada paru-paru yang tidak bisa keluar menjadi sangat berbahaya dikarenakan beberapa faktor. Salah satunya bila kamu memiliki penyakit asma, maka kemungkinan pecahnya alveolus yang telah membesar secara tak wajar.

Selain itu apabila kamu mengalami patah tulang rusuk dan juga mengalami luka pada bagian dada bisa menjadi pemicu kamu terserang pneumotoraks ini. Gejala yang mungkin kamu alami ialah sesak napas, dan juga nyeri pada dada.

5 dari 6 halaman

4. Bronkitis

Penyakit bronkitis sendiri termasuk penyakit yang bersifat ringan dan juga bisa disembuhkan. Akan tetapi bila penderita memiliki penyakit lain yang telah lama diderita seperti jantung atau penyakit paru-paru lainnya, maka penyembuhan bronkitis pun cukup lama dan bersifat serius. 

Penyakit ini dibisa terjadi pada perokok dan juga penderita penyakit paru yang menahun. 

Gejala dari bronkitis bisa terjadi seperti saat kamu sedang terkena flu. Kemudian akan mengalami batuk ringan selama 1 hingga 2 hari yang selanjutnya akan ditandai dengan keluarnya dahak berwarna putih ataupun kuning.

Jika penyakit bronkitis yang kamu derita cukup berat, maka kamu bisa mengalami batuk selama beberapa minggu. Tentu saja jika batuk yang kamu derita cukup parah, maka kamu pun bisa terkena sesak napas.

Menderita bronkitis pun bisa menjadi penyebab dari penyakit paru-paru lainnya seperti pneumonia.

6 dari 6 halaman

5. Tuberkulosis

Tuberkulosis atau yang dikenal dengan TBC merupakan salah satu penyakit menular, bahkan beberapa kasus penyakit TBC ini pun bisa mengakibatkan kematian.

Disebabkan oleh berbagai mikobakteria termasuk mycobacterium tuberculosis, penyakit ini selain menyerang paru-paru juga berdampak pada bagian tubuh lainnya.

Penularan penyakit ini pun bisa menyebar melalui udara. Gejala dari penyakit ini sendiri ialah demam tinggi, batuk secara terus menerus, nafsu makan menurun yang akan mengakibatkan tubuh lemah.

Karena penyakit ini termasuk dalam penyakit menular yang berbahaya ada baiknya jika penderita TBC aktif menghindar dari orang lain jika kan batuk ataupun bersin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.