Sukses

Mengenal Penyakit Psoriasis yang Diderita Kim Kardashian, Waspadai Gejala dan Penyebabnya

Penyakit psoriasis termasuk pada penyakit kulit jangka panjang atau kronis.

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu memiliki masalah pada kulit, kamu perlu untuk mewaspadainya. Karena bisa saja kamu ternyata terkena penyakit psoriasis. Penyakit psoriasis sendiri termasuk pada penyakit kulit jangka panjang atau kronis.

Penyakit psoriasis ini bisa datang dengan tak terduga. Jika biasanya kamu terkena penyakit kulit karena kurang menjaga kebersihan, akan tetapi beda dengan penyakit kulit satu ini. Kamu bahkan bisa terkena penyakit psoriasis ini meskipun rajin menjaga kebersihan kulit.

Psoriasis ini sendiri ialah penyakit autoimun yang menyerang kulit. Penyakit ini ditandai dengan sisik yang berlapis berwarna keperakan serta terjadinya penebalan warna kemerahan dengan rasa gatal ataupun perih. Selain itu, penyakit psoriasis ini juga bisa dikatakan seseorang yang mengalami proses pergantian kulit dengan sangat cepat. Pergantian kulit ini pun bisa terjadi karena sel-sel kulit mati yang lepas diperbarui dengan sel-sel kulit yang baru.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit psoriasis ini, berikut ini Liputan6.com akan mengulasnya sebagaimana yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa itu penyakit psoriasis?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya penyakit ini merupakan penyakit kulit jangka panjang. Meskipun begitu, hingga saat ini jumlah penderita penyakit psoriasis di Indonesia belum diketahui dengan pasti. Meskipun penyakit psoriasis ini merupakan penyakit kulit, akan tetapi kamu tak perlu khawatir jika berdekatan dengan penderitanya. Hal ini dikarenakan, penyakit psoriasis ini termasuk dalam penyakit yang tidak menular.

Meski termasuk dalam penyakit tak menular, akan tetapi penyakit ini bisa juga diderita oleh anak-anak dan juga orang dewasa. Bentuk paling umum dari penyakit ini disebut dengan plak psoriasis. Plak psoriasis sendiri timbul pada permukaan kulit berwarna merah dengan sisik keperakan. Selain itu, pada bagian ini pun kulit mengalami penebalan akibat penumpukan sel kulit mati.

Penyakit ini pun bisa menyebabkan gatal-gatal serta nyeri pada kulit. Penyakit ini bisa terjadi di seluruh tubuh manusia. Namun pada umumnya penyakit ini akan menyerang kulit kepala dan wajah, siku tangan, lutut, kaki, dada punggung bawah serta lipatan antara pantat.

3 dari 5 halaman

Gejala penyakit psoriasis

Pada umumnya, penyakit ini memiliki gejala yang berbeda bagi setiap penderitanya. Namun ada pula gejala umum yang dialami oleh para penderita. Dari gejala umum inilah kamu bisa lebih waspada sebelum benar-benar terkena penyakit psoriasis ini. Berikut ini gejala penyakit psoriasis yang perlu kamu ketahui.

1. Bercak merah dan juga sisik pada kulit.

Tanda yang sangat umum jika kamu terkena penyakit ini ialah kamu akan memiliki bercak merah serta sisik keperakan yang muncul di permukaan kulit. Sisik yang timbul pada ruam merah ini timbul dikarenakan keringnya permukaan kulit. Kondisi inilah yang menyebabkan gatal pada kulit, nyeri dan juga panas.

2. Kulit pecah-pecah.

Gejala yang kedua ini timbul karena sebelumnya kulit mengalami kekeringan. Karena saat kulit terlalu kering tentu saja akan menimbulkan pecah-pecah pada area kulit tersebut. Bahkan jika berada dalam keadaan yang cukup parah, kulit pada bagian ini pun bisa berdarah. Selain itu, kulit pecah-pecah bahkan berdarah ini juga bisa terlihat seperti kulit yang terkena luka bakar.

3. Kuku menebal.

Bukan hanya kulit saja yang mengalami penebalan. Jika kamu termasuk penderita penyakit psoriasis ini, maka kuku pun akan mengalami penebalan. Selain adanya penebalan pada kuku, warna pada kuku juga bisa mengalami perubahan. Tekstur yang tidak rata dan juga rapuh bisa dialami oleh penderita psoriasis.

4. Pembengkakan pada kaki dan kaku sendi.

Salah satu gejala dari penyakit psoriasis ialah terjadinya pembengkakan pada daerah kaki ataupun kaku sendi. Hal ini akibat dari penebalaan kulit yang terjadi sehingga membatasi ruang gerak tubuh, maka sendi-sendi pun menjadi kaku.

4 dari 5 halaman

Penyebab penyakit psoriasis

Beberapa penyebab penyakit psoriasis bisa terjadi karena berbagai faktor. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan kamu mengalami penyakit psoriasis, antara lain:

1. Stres.

Stres ternyata bisa menjadi salah satu penyebab dari timbulnya penyakit psoriasis ini. Selain itu, jika mengalami stres maka tingkat timbulnya pun semakin tinggi, yaitu sebanyak 40%. Pada penderita anak-anak pun jika mengalami stress maka angka presentasenya pun semakin tinggi.

2. Faktor genetik dan lingkungan.

Meskipun penyakit ini belum benar-benar diketahui secata pasti penyebabnya, akan tetapi faktor genetik dan juga lingkungan cukup mempengaruhi.

3. Kekebalan tubuh.

Meskipun bukan termasuk penyakit yang terkait dengan kebersihan tubuh, akan tetapi penyakit ini bisa timbul karena sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun. Penyakit ini pun berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh karena langsung terkait dengan sel-sel tubuh dan mampu berkembang dengan cepat.

Jadi apabila kamu mengalami gejala-gejala diatas alangkah baiknya jika langsung memeriksakan diri pada dokter spesialis kulit. Sehingga langkah pengobatan yang akan kamu ambil tidak salah.

5 dari 5 halaman

Penyakit psoriasis Kim Kardashian Menyebar Sampai ke Wajah

Di balik wajah cantik dan tubuh moleknya yang bikin iri banyak wanita, Kim Kardashian menjadi salah satu penderita penyakit psoriasis.

sudah selama bertahun-tahun ini Kim Kardashian selalu berjuang untuk menyembuhkan psoriasis, sebuah penyakit yang menyebabkan ruam pada kulit yang membuat kulit penderitanya terasa menebal, kering, dan bersisik. Belakangan ia mengaku kalau psoriasis pada kakinya sudah sembuh.

Namun sayang, penyakit yang dianggap momok terbesar dalam hidup Kim ini tak selamanya menghilang. Setelah sembuh, psoriasis di tubuh Kim justru menyebar ke bagian wajahnya.

"Aku selalu berharap untuk sembuh, tentu saja, tetapi sementara itu, aku belajar untuk menerimanya sebagai bagian dari hidupku," Ungkap Kim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini