Sukses

Manfaat Bongkar Mainan untuk Anak

Jangan buru-buru marah ke anak ya Moms, karena ternyata membongkar mainan punya banyak manfaat, lho.

Liputan6.com, Jakarta Punya anak balita identik dengan rumah yang berantakan. Ini karena anak usia tersebut cenderung mengeksplorasi banyak hal, termasuk mainannya. Berikut manfaat membongkar mainan bagi anak seperti diungkap oleh Mommy Desis Triyasih Furwanti dari Babyologist.

Memang rasanya melelahkan ya Moms kalau harus beres-beres rumah. Baru selesai dibereskan, tapi si anak dengan mudahnya membuat berantakan lagi mainannya. Namun jangan buru-buru marah ke anak ya Moms, karena ternyata membongkar mainan punya banyak manfaat lho Moms.

Manfaat Membongkar Mainan

1. Koordinasi mata dan tangan

Ini bagus untuk koordinasi mata dan tangan. Tidak jarang banyak anak-anak yang mau masuk sekolah tapi belum bisa mengancingkan bajunya atau mengikat tali sepatunya, itu disebabkan karena kurangnya stimulasi.

2. Meningkatkan motorik kasar dan halus

Dengan membongkar semua mainan, anak jadi tahu cara membuka ritsleting, membuka baterai di mobil-mobilan, memencet-mencet remote, menekan-nekan tombol mainan atau bahkan menggoyang-goyangkan mainannya.

3. Pengetahuan baru

Yang namanya belajar tidak harus ada buku dan pulpen ya Moms, belajarnya anak-anak itu simple. Misalnya dengan membuka remote dan mengambil baterainya, ia akan tahu bahwa remote tidak akan bisa dipakai kalau tanpa baterai.

4. Melatih kreativitas

Dengan membongkar semua mainannya, anak-anak bisa dengan leluasa melatih kreativitasnya. Misalnya, si anak lelah ketika harus mendorong-dorong mobil-mobilannya dengan tangan sambil jongkok. Sehingga muncullah ide, diambillah tali panjang untuk diikat ke mobilnya, jadilah mobilnya bisa ditarik sambil berlari.

5. Bertanggung jawab

Ketika selesai bermain, ajarkan anak kita tentang tanggung jawab, misalnya selesai bermain jangan lupa dirapikan dengan cara mencontohnya. Mungkin awalnya anak akan cuek tapi lama-kelamaan anak akan mengerti dan melakukannya.

6. Anak akan bahagia

Bahagianya anak itu sederhana Moms. Sesederhana anak yang ingin membongkar semua mainannya. Untuk itu jangan dilarang ya Moms.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.