7 Makanan Pelancar ASI

Oleh Babyologist pada 11 Mar 2019, 19:00 WIB
Ilustrasi Sarapan, Oat, Apel, Oatmeal (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Produksi ASI yang sedikit jadi salah satu keluhan beberapa ibu yang tengah menyusui. Rupanya ada cara sederhana melancarkan ASI, yakni dengan asupan makanan yang tepat. Berikut pengalaman Mommy Suna Djap dari Babyologist.

Hai Moms pejuang ASI, aku mau share sedikit tentang pengalaman aku waktu awal menyusui, karena anakku lahir dengan berat badan 4,05 kg. ASIku ga tercukupi, jadinya aku kasih minum susu formula, sambil berpikir kenapa ASIku sedikit? Kok ga tercukupi? Terus aku dikasih tahu saudara-saudara aku makanan yang dapat melancarkan/memperbanyak ASI.

Makanan yang mampu meningkatkan produksi ASI

Sup daging/ayam/ikan

Sup juga merupakan salah satu makanan yang memperbanyak ASI. Kuah sup dapat menambah asupan cairan untuk tubuh, sedangkan daging/ayam/ikan dapat menambah protein bagi tubuh. Selain itu, pada umumnya sup menggunakan berbagai macam sayuran, sehingga dapat memberi vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Pepaya

Pepaya, baik buahnya ataupun bunganya, mengandung vitamin A dan vitamin C, serta beberapa mineral penting misalnya kalium, asam folat dan enzim papain. Enzim ini membantu pencernaan protein. Ibu menyusui membutuhkan banyak protein untuk memproduksi ASI. Selain itu, pepaya banyak mengandung cairan sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan cairan untuk memproduksi ASI.

Pepaya dapat dimakan langsung ketika ranum ataupun dibuat sup bila masih mengkal. Banyak masakan yang dapat menggunakan pepaya mentah sebagai bahannya, misalnya sayur asam dan sup ikan dengan pepaya. Sup ini sudah sering digunakan sejak dulu sebagai solusi ASI lancar.

Oatmeal

Selain berkhasiat untuk mengurangi kolesterol dan menjaga tekanan darah, oatmeal juga salah satu makanan yang bisa dijadikan solusi ASI lancar. Kandungan protein dalam oatmeal bermanfaat sebagai antioksidan yang kuat dan aktif yang dapat melindungi tubuh ibu menyusui dari serangan bakteri yang mempengaruhi ASI.

Daun katuk

Daun katuk sudah sering kita dengan dapat menjadi salah satu solusi ASI lancar ya Moms, karena mengandung protein yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI. Ibu menyusui membutuhkan protein sekitar 20 gram lebih banyak daripada biasanya. Dalam kondisi normal, wanita membutuhkan sekitar 40 gram protein setiap harinya. Jadi dalam kondisi menyusui, dibutuhkan sekitar 60 gram protein setiap hari.

Bayam

Bayam baik untuk menambah zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, kandungan vitamin B6 pada bayam dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Kandungan nutrisi lainnya pada bayam adalah vitamin A, C, E, K, protein, serta berbagai mineral seperti thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor dan kalium.

Sama dengan sayuran berdaun hijau tua lainnya, bayam mengandung enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI. Jadi selain bayam, tambahkan sayur-sayuran hijau lainnya ke dalam menu sehari-hari, agar terdapat variasi makanan yang memperbanyak ASI.

Wortel

Wortel banyak mengandung vitamin A, beta karoten, serta enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI. Minum 1 gelas jus wortel sebelum makan siang dapat menambah produksi ASI pada sore hari.

Air

Makanan apapun tidak akan banyak membantu jika tubuh kita kurang cairan. Minumlah 10-12 gelas air putih sehari, agar produksi ASI lancar. Jadi solusi ASI lancar itu tidak hanya terkait dengan makanan-makanan yang aku sebutkan di atas ya Moms, tapi Moms juga harus rajin minum air.

Semuanya aku coba dan memang benar hasilnya ASIku lancar. Oh iya harus rajin-rajin pompa ya atau breastfeeding agar terus memproduksi ASI.

Semoga bermanfaat.

Tag Terkait