Sukses

Pantang Umbar 10 Hal Ini Saat Bertengkar dengan Pasangan

Ada 10 hal yang harus diwaspadai saat pasagan bertengkar karena hal-hal tersebut kerap dilakukan tanpa sadar dan bisa berujung fatal.

Liputan6.com, Jakarta Perdebatan hingga pertengkaran tak dipungkiri jadi salah satu warna kehidupan rumah tangga. Bila hanya terjadi sesekali, pertengkaran bisa jadi bumbu harmonisnya hubungan suami-istri. Tapi, ada 10 hal yang harus diwaspadai saat pasagan bertengkar karena hal-hal tersebut kerap dilakukan tanpa sadar dan bisa berujung fatal. Simak penuturan Mommy Mita Rghoniu dari Babyologist.

Membina rumah tangga itu memang tidak mudah, sering diwarnai dengan perdebatan, perbedaan pendapat dan pertengkaran. Di bawah ini adalah hal-hal yang sering terjadi tapi mungkin Moms tidak sadari. Mungkin bisa jadi reminder, tentunya untuk saya juga. Karena beberapa hal di bawah ini malah akan memperkeruh suasana di rumah. Oleh karena itu waspada ya Moms.

1. Bertengkar di depan anak

Ada anak yang bisa melihat dan mendengar pertengkaran Moms, jangan sampai ini menjadi kebiasaan yang dialami anak. Dia akan tumbuh menjadi pribadi yang kurang baik jika melihat kedua orang tuanya selalu bertengkar.

2. Posting di media sosial

Bisa jadi perasaan Moms lebih plong ketika posting di media sosial dan dapat simpati dari banyak orang. Tapi jangan terlalu sering apalagi sangat rinci, tidak baik mengumbar aib sendiri. Mungkin orang lain bisa saja tertawa di atas penderitaan Moms.

3. Mengadu ke orang tua

Sebaiknya jangan ya Moms kalau permasalahannya masih bisa diselesaikan berdua. Kecuali memang sudah tidak ada jalan lagi dan sama-sama egois, mungkin orang tua bisa memberi nasihat.

4. Saling mendiamkan

Masa satu rumah tapi diam-diaman kan tidak enak Moms, ada baiknya diselesaikan baik-baik supaya tidak menimbulkan masalah baru lagi.

5. Pergi dari rumah

Biasanya pihak wanita yang melakukan ini. Jangan ya Moms, apalagi perginya pulang ke rumah orang tua nanti makin runyam keadaannya.

6. Curhat ke teman

Moms bisa sedikit lega curhat ke teman mungkin dapat masukan juga, tapi hati-hati ya Moms, jangan semuanya diceritakan secara detail. Curhatlah pada sahabat yang memang benar-benar mengerti dan peduli akan kondisi Moms, bukan kepada teman biasa yang belum bisa Moms percayai sepenuhnya.

7. Mengumbar kata cerai

Menurut agamaku, jangan mempermainkan kata cerai apalagi pihak lelaki. Itu artinya kalau kata cerai terucap, saat itu juga wanita telah dijatuhkan talak oleh suaminya. Hati-hati dalam berucap, karena mulutmu harimaumu.

8. Main tangan / merusak barang

Main barang masih mending, kalau rusak bisa diperbaiki atau beli lagi. Kalau main tangan, jangan ya karena jika kelepasan bisa-bisa orang yang kamu sayang berakhir di tangan kamu sendiri.

9. Mengungkit masa lalu

Ini tidak baik Moms, hanya akan menambah luka untuk pasangan Moms. Apalagi nanti malah akan timbul perasaan untuk menghubungi mantan lagi, bahaya Moms nanti terjebak nostalgia.

10. Menghina dengan kata-kata kasar

Kalau lagi manis disayang-sayang, lagi bertengkar dimaki-maki tentu akan sakit hati ya Moms. Jika masih bisa dibicarakan dengan baik, bicarakanlah dengan baik ya Moms, jangan kasar-kasar tidak enak didengarnya malah pasangan kita tidak mau dengar.

Itulah beberapa hal yang bisa terjadi saat bertengkar dengan pasangan tanpa kita sadari. Sekarang, sama-sama waspada yuk Moms. Saling mengingatkan supaya tidak melakukan hal-hal tersebut dan tidak memperkeruh suasana.

 

Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini