Sukses

Beda Manfaat Mendengarkan Musik Pop dengan Jazz

Bisa membuat semangat meningkat juga membuat bahagia. Ini manfaat musik dibagi dalam tiap jenis.

Liputan6.com, Jakarta Musik tidak hanya memberikan kebahagiaan dan mengurangi stres, juga bermanfaat pula bagi kesehatan.

Berdasarkan salah satu penelitian yang dilakukan peneliti Ashford University, Amerika Serikat, musik dapat memberikan manfaat pada kesehatan otak, khususnya meningkatkan dopamin. Ini adalah neurotransmiter dan bahan kimia di dalam tubuh yang bertugas untuk mengirimkan sinyal ke otak. Sehingga melalui musik, Anda akan merasa senang. Sama seperti ketika akhirnya makan setelah kelaparan.

Penelitian juga menjelaskan bahwa musik dapat memberikan manfaat berupa meningkatkan kekebalan tubuh, merangsang endorfin (membantu memberikan energi pada suasana hati), serta membantu dalam perawatan penyakit seperti depresi.

Tiap jenis memiliki dampak yang berbeda menurut hasil penelitian.Para peneliti telah menjabarkan manfaat musik yang terbagi menjadi 4 jenis, melansir dari website Ashford University, berikut manfaatnya.

1. Klasik

Musik bergenre klasik bermanfaat untuk meningkatkan dopamin. Selain itu, musik-musik klasik juga bermanfaat untuk memperkuat memori.

 

2. Pop

Jika suka mendengarkan genre musik yang dibawakan Raisa atau penyanyi pop lainnya bakal membuat daya tahan tubuh dan kinerja fisik meningkat.

3. Rap

Penyanyi seperti Drake dan Cardi B sangat menggambarkan genre musik rap. Genre jenis ini dapat merangsang emosi, membentuk motivasi, serta mengaktifkan fungsi motorik.

 

4. Jazz

Lagu-lagu yang dibawakan oleh Andien dan Tompi dapat memberikan ketenangan pada tubuh.

 

Penulis: Dara Elizabeth

 

Saksikan juga video menarik berikut

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.