Jenis Musik Kesukaan Ungkap Kepribadian Anda Sesungguhnya

Oleh Liputan6.com pada 09 Mar 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 17:54 WIB
Dengar musik (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Di Hari Musik Nasional yang diperingati hari ini, apa jenis musik kesukaan Anda? Jazz atau pop? Apapun itu, jenis musik kesukaan ternyata bisa mengungkap kepribadian Anda.

Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Heriot-Watt, Inggris menemukan ada hubungan antara kepribadian dengan jenis musik yang sering didengar oleh seseorang. Selengkapnya seperti melansir dari Very Well Mind, Sabtu (9/3/2019).

1. Pop

Jika Anda menyukai lagu-lagu yang dibawakan oleh Raisa dan Glenn Fredly, mungkin Anda merupakan seorang ekstrover dan jujur. Meski begitu, menurut studi, penyuka musik pop cenderung kurang kreatif dan gampang gelisah.

2. Rap dan Hip Hop

Penggemar lagu rap menurut studi ini cenderung memiliki kepribadian agresif. Jangan khawatir, penggemar rap juga cenderung memiliki harga diri yang tinggi dan biasanya ramah.

2 dari 4 halaman

3. Country

Mendengarkan musik (iStock)
Ilustrasi mendengarkan musik (iStockphoto)

Tantowi Yahya salah satu yang memilih musik bergenre country. Bagi yang menyukai musik-musik seperti ini, biasanya merupakan pekerja keras dan ramah. Mereka juga memiliki emosi yang sangat stabil.

4. Rock/Heavy Metal

Jika suka lagu-lagu daro Death Vomit, mungkin ini kepribadian Anda. Riset yang berjudul 'The Social and Applied Psychology of Music' tersebut menyatakan bahwa pendengar musik bergenre rock/heavy metal cenderung lembut dan kreatif. Mereka juga cenderung introvert dan mungkin memiliki harga diri yang rendah.

3 dari 4 halaman

5. Indie

Sore band
Sore band

Jika sering mendengarkan lagu-lagu dari Sore, Payung Teduh, dan Mocca, Anda adalah seorang penggemar musik indie. Penggemar musik indie biasanya introver, intelektual, dan kreatif. Peneliti juga menambahkan bahwa pencinta musik indie juga cenderung kurang rajin bekerja.

6. EDM/Dance Music

Menurut peneliti, orang-orang yang lebih suka musik EDM/dansa biasanya ramah, namun tegas. Apakah Anda salah satunya? Jika sering mendengarkan lagu yang dibawakan Dipha Barus, mungkin kepribadian ini mirip dengan Anda.

7. Klasik

Jika Anda sering mendengar lagunya, mungkin Anda adalah seseorang yang biasanya nyaman dengan diri mereka sendiri dan dunia sekitar mereka. Selain itu, penggemar musik klasik juga dikenal kreatif dan memiliki rasa harga diri yang baik.

4 dari 4 halaman

8. Jazz, Blues, dan Soul

[Bintang] Dira Sugandi
Dira Sugandi (Foto: Adrian Putra/Bintang.com)

Bagi Anda penggemar musik jazz, blues, dan soul, peneliti menemukan bahwa yang menyukai genre ini lebih ekstrover. Mereka juga cenderung sangat kreatif dan cerdas.

"Orang benar-benar mendefinisikan diri mereka sendiri melalui musik," jelas Adrian North, salah satu peneliti yang melakukan penelitian sikap dan kepribadian lewat genre musik.

Bagaimana, apakah pas hasil penelitian ini dengan kepribadian Anda?

 

Penulis: Dara Elizabeth

Lanjutkan Membaca ↓