Tidak Merayakan Hari Raya Nyepi, Ini yang Bisa Anda Lakukan jika Tinggal di Bali

Oleh Liputan6.com pada 07 Mar 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 07 Mar 2019, 08:00 WIB
[Bintang] Ilustrasi Relationship

Liputan6.com, Jakarta Hari Raya Nyepi dirayakan sebagai tahun baru di Bali. Perayaannya juga sangat berbeda dengan perayaan tahun baru pada umumnya.

Biasanya, orang Bali merayakan Hari Raya Nyepi dengan mematikan lampu mereka dan tetap diam di dalam rumah.

Bagaimana dengan Anda yang tidak merayakan Hari Raya Nyepi, tapi sedang berada di Bali? Atau bertetanggaan dengan yang merayakan Nyepi.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menghargai adat dan kebudayaan mereka, tapi juga menghabiskan waktu liburan Anda dengan menyenangkan di perayaan tahun baru tersebut.

 

2 dari 2 halaman

Yang bisa dilakukan saat Hari Raya Nyepi

Melihat Prosesi Tawur Agung Kesanga di Pura Aditya Jaya Rawamangun
Sejumlah umat Hindu mengikuti prosesi upacara Tawur Agung Kesanga 2019 di Pura Aditya Jaya Rawamangun, Jakarta, Rabu (6/3). Prosesi Tawur Agung merupakan rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bali-Indonesia.com menjabarkan apa saja yang dapat Anda lakukan pada Hari Raya Nyepi, dikutip pada Kamis, 7 Maret 2019.

1. Siapkan makanan ringan dan tontonan film

Perlu diketahui bahwa pemerintah daerah di Bali telah meminta sejumlah stasiun televisi untuk berhenti mengudara di atas gelombang udara Bali saat Nyepi.

Ada baiknya jika Anda streaming atau menyiapkan stok kaset DVD untuk ditonton, agar tetap menikmati hari seperti biasanya.

Jangan lupakan juga untuk menyiapkan makanan ringan sehari sebelum Nyepi dimulai, karena mungkin tidak akan ada toko swalayan yang buka di hari Nyepi.

2. Pesan perawatan spa

Spa membantu Anda untuk refleksi dan melepas lelah. Cari tahu tentang perawatan spa terbaik yang terletak di hotel-hotel Bali.

3. Menikmati keindahan bintang di malam hari

Seluruh pulau Bali akan memadamkan seluruh lampunya selama 24 jam berturut-turut. Sempatkanlah waktu Anda untuk melihat keindahan bintang-bintang Bali di malam hari, baik dari sisi kolam renang hotel atau di balkon rumah.

Penulis : Dara Elisabeth

Lanjutkan Membaca ↓