Sukses

6 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami, Mudah dan Bikin Tidur Makin Nyenyak

Ada banyak cara mengusir nyamuk secara alami yang sangat mudah diterapkan.

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu sedang tertidur lelap namun ada gangguan yang datang, tentu saja kualitas tidurmu jadi berkurang. Salah satu gangguan yang sering dialami ialah banyaknya nyamuk dalam kamar. Tentu saja nyamuk menjadi salah satu pengganggu tidurmu.

Keberadaan nyamuk di dalam rumah tentu saja bisa mengganggu aktivitasmu, terutama saat tidur. Bahkan ada pula nyamuk yang bisa menyebabkan demam berdarah dan malaria.

Selain itu, ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa seekor nyamuk dapat dengan mudah belajar dan juga mengingat bau dari penghuni rumah. Jadi ini juga salah satu alasan mengapa ada sebagian orang yang disukai oleh nyamuk, dan yang lainnya tidak.

Saat ini pun banyak sekali produk obat anti nyamuk yang dipasarkan. Bahkan beberapa obat pengusir nyamuk tersebut pun memiliki wangi khas yang tidak disukai oleh nyamuk.

Meskipun begitu, cara mengusir nyamuk menggunakan obat tersebut tidak sepenuhnya berhasil. Justru cara mengusir nyamuk menggunakan obat ini memiliki efek tersendiri. Hal ini karena adanya kandungan bahan kimia yang mungkin saja terhirup olehmu.

Dibandingkan menggunakan obat, ada baiknya jika kamu melakukan cara mengusir nyamuk secara alami. Tentu saja cara mengusir nyamuk secara alami ini lebih aman untuk kesehatanmu. Seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, berikut cara mengusir nyamuk secara alami, Rabu (6/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Gunakan kelambu

Seperti halnya bayi yang memiliki kelambu anti nyamuk, memasang kelambu pada tempat tidur nyatanya cukup efektif. Cara mengusir nyamuk dengan memasang kelambu ini terbilang praktis dan efisien.

Selain itu, saat ini pun banyak pula model kelambu yang bisa kamu gunakan untuk terhindar dari gigitan nyamuk sekaligus sebagai pemanis tempat tidur.

Bahan kelambu ini pun bisa dibilang tepat untuk terhindar dari gigitan nyamuk. Kelambu sendiri merupakan kain yang memiliki lubang-lubang kecil rapat serta memiliki sifat jatuh yang tak mudah terbuka pada bagian bawahnya.

3 dari 7 halaman

2. Lilin Serai

Cara mengusir nyamuk secara alami lainnya ialah menggunakan lilin serai. Hal ini karena serai merupakan obat nyamuk alami yang telah disetujui oleh para peneliti. Selain itu, menggunakan lilin serai pun bisa membuat ruang tidur kamu memiliki aroma segar.

Bahkan jika menyalakan lilin serai sebelum tidur, kamu bisa menggunakannya sebagai aroma terapi. Menggunakan aroma terapi memang bisa membantu untuk menenangkan pikiran dan juga membuat tidur lebih nyenyak. Jadi tidak ada salahnya menggunakan lilin serai. Selain bisa untuk mengusir nyamuk, tidurmu pun akan lebih nyenyak.

4 dari 7 halaman

3. Semprotan lavender

Bukan menjadi rahasia lagi jika nyamuk sangat membenci aroma lavender. Kamu bisa membuat semprotan dari minyak essensial lavender. Menggunakan minyak essensial dengan aroma lavender sendiri mampu mengusir nyamuk dari tubuhmu.

Selain membantu untuk mengusir nyamuk, minyak essensial juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jika kamu menyemprotkan ataupun mengoleskan minyak essensial lavender, bisa membantumu untuk memberikan efek relaksasi. Selain itu jika sedang datang bulan, kamu bisa untuk mengoleskannya pada bagian perut dan dipijat secara lembut.

5 dari 7 halaman

4. Gunakan lampu tidur

Bagi sebagian orang, menggunakan lampu tidur justru bisa membuat tidur semakin nyenyak. Nyatanya cara mengusir nyamuk juga bisa menggunakan lampu tidur. Lampu tidur saat ini pun memiliki berbagai variasi, sehingga cocok pula digunakan sebagai dekorasi ruangan.

Cara mengusir nyamuk menggunakan lampu tidur ini pun bisa dibilang cukup efektif. Hal itu karena beberapa lampu tidur saat ini pun memiliki fitur aroma pengusir nyamuk. Tentu saja selain membuat ruangan menjadi lebih cantik, bisa membuat tidurmu makin nyenyak karena terhindar dari nyamuk. Lampu tidur yang memiliki fitur aroma pengusir nyamuk ini pun bisa kamu jumpai di berbagai e-commerce.

6 dari 7 halaman

5. Hindari warna cat gelap

Ternyata warna cat pada sebuah ruangan juga berpengaruh dalam mengusir nyamuk. Ya, karena nyamuk sendiri lebih senang untuk berada di ruangan gelap. Oleh karena itu sebaiknya hindari menggunakan warna gelap pada cat dinding kamar.

Ada pula beberapa warna yang dipercaya tidak disukai oleh nyamuk. Ketiga warna tersebut ialah hijau, putih dan kuning kecoklatan. Mungkin kamu bisa menggunakan warna tersebut untuk diaplikasikan pada dinding kamar.

7 dari 7 halaman

6. Bawang putih

Cara mengusir nyamuk secara alami lainnya ialah menggunakan bawang putih. Bahan yang selalu ada di dapur ini ternyata bisa membantu kamu untuk mengusir nyamuk.

Cara mengusir nyamuk dengan bawang putih sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan mengonsumsinya. Akan tetapi jika tidak suka mengonsumsi bawang putih, kamu tak perlu khawatir.

Kamu cukup merebus bawang putih tersebut hingga mendidih. Kemudian air rebusan bawang putih itu kamu tuangkan pada botol spray. Setelah itu kamu bisa menyemprotkannya pada tempat-tempat nyamuk tersebut berkumpul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini