Sukses

Akar Penyebab Rambut Rontok Tak Terkontrol

Selama ini tidak sedikit orang beranggapan bahwa permasalahan rambut rontok karena batang rambut yang rapuh dan lemah. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Akar rambut yang tidak kuat jadi penyebab rambut rontok. Hanya saja selama ini tidak sedikit orang beranggapan bahwa permasalahan rambut rontok karena batang rambut yang rapuh dan lemah.

Meluruskan kesalahpahaman tersebut, Dove Total Hair Fall Treatment membuat sebuah penelitian yang hasilnya diterbitkan ke dalam sebuah jurnal. Berdasarkan penelitian tersebut, 75 persen masalah rambut rontok karena akar yang tak kuat.

Hal itu dibenarkan dr Alberta Claudia Undarsa yang menyebut bahwa kerontokan rambut terjadi karena permasalahan di akar rambut.

"Meski tak terlihat, akar rambut adalah pengantar nutrisi untuk membuat rambut kuat sampai ke ujung rambut," ujar Alberta dalam diskusi Kuat dari Akarnya di Mal Kota Kasablanka, Jakarta pada Selasa (5/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rawat akar hingga ujung rambut

Alberta menyarankan agar lebih hati-hati merawat rambut. Jangan hanya fokus ke bagian kulit saja tapi penting menjaga akar rambut tetap kuat melalui asupan nutrisi yang baik.

"Rambut panjang atau rambut pendek, rambut lurus atau ikal, hitam atau diwarnai, berisiko mengalami rambut rontok bila pada bagian akarnya tak kuat," katanya.

"Rambut yang kuat, datang dari akar yang kuat," Alberta menekankan.

Sebab, rambut rontok tidak saja mengganggu penampilan, tapi juga punya dampak terhadap psikologis seorang wanita.

"Wanita menjadi tidak nyaman, kurang percaya diri, dan cenderung pasif di tempat kerja maupun di dalam pergaulan," ujarnya.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.