Sukses

Bintang Beverly Hills 90210 Luke Perry Meninggal karena Stroke

Bintang Beverly Hills 90210 Luke Perry meninggal setelah lima hari mendapatkan penanganan stroke.

Liputan6.com, Amerika Serikat Aktor Amerika Serikat yang dikenal dengan serial televisi Beverly Hills 90210, Luke Perry ,mengembuskan napas terakhir pada Senin, 4 Maret 2019. Ia meninggal dunia karena terserang stroke.

Setelah lima hari mendapat perawatan stroke, nyawa Perry tak terselamatkan. Kematian Perry pada usia 52 tahun membuat banyak penggemarnya bersedih. 

Direktur Medis Doctor Radio NYU Langone Medical Center. Marc Siegel memaparkan, seluk-beluk stroke seperti yang dialami Perry. Stroke termasuk penyakit yang umum terjadi di AS dengan 795.000 orang menderita setiap tahun, menurut Centers for Disease Control.

Sekitar 140.000 pasien ini sekarat dan hampir 90 persen dari stroke adalah jenis iskemik, yang artinya aliran darah ke otak tersumbat. Seseorang juga dapat mengalami pendarahan ke otak.

"Ini sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Irama jantung yang tidak teratur (fibrilasi atrium) juga dapat menyebabkan gumpalan darah terhambat mengalir ke otak (emboli)," papar Siegel, dikuti dari Fox News, Selasa, 5 Maret 2019.

Stroke yang diderita Luke Perry lebih sering terjadi ketika seseorang bertambah tua meski lebih dari sepertiga terjadi pada orang di bawah 65 tahun. Faktor risiko antara lain diabetes, kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, merokok, dan kolesterol tinggi.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masalah punggung

Seorang tetangga melaporkan, Perry mengalami masalah punggung. Ia sulit bergerak. Kesulitan bergerak dapat meningkatkan risiko seseorang terkena stroke.

"Ya, meskipun secara keseluruhan dia tampak cukup aktif. Riwayat keluarga dapat memainkan peran, termasuk kecenderungan untuk membentuk gumpalan darah yang menyumbat otak," lanjut Siegel.

Stroke adalah penyebab nomor satu kecacatan jangka panjang di dunia. Waspada terhadap gejala stroke dapat bantu mengurangi atau mencegah serangan stroke.

Gejala stroke yang perlu diperhatikan adalah kelemahan atau mati rasa yang tiba-tiba, terutama pada satu sisi tubuh. Anda mungkin menjadi bingung, kesulitan berbicara atau memiliki masalah penglihatan.

Anda mungkin tiba-tiba kehilangan keseimbangan, sulit berjalan, dan sakit kepala parah. Kunci untuk mengobati stroke adalah pergi ke rumah sakit dan menerima perawatan sesegera mungkin.

3 dari 3 halaman

Rehabilitasi dan penanganan komplikasi

Pemulihan dari stroke tidak dapat diprediksi. Rehabilitasi dan penanganan komplikasi medis yang cermat, termasuk infeksi dapat mengurangi kondisi buruk.

"Sayangnya, banyak orang seperti Perry tidak berhasil (ditangani segera). Jutaan orang bertanya, kenapa dia bisa sampai kena stroke? Dia tidak kelebihan berat badan. Tetapi kita tidak tahu ,apa faktor risiko stroke lain yang mungkin dia miliki," lanjut Siegel.

Luke memerankan karakter Dylan McKay dalam serial televisi Beverly Hills 90210. Di serial itu dia memeranakan sebagai remaja pemberontak yang penyendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.