Sukses

9 Makanan untuk Diet yang Baik Bagi Kesehatan, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Pada dasarnya pola makan dan apa yang dimakan yang memegang peranan penting dalam diet.

Liputan6.com, Jakarta Berbeda dalam penyebutan di beberapa negara, dalam bahasa Indonesia, kata diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu. Dalam perkembangannya, diet diartikan sebagai upaya mengatur asupan nutrisi ke dalam tubuh hingga membentuk massa tubuh yang ideal dan diinginkan masing-masing orang.

Diet tidak hanya dilakukan untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh ideal, tetapi juga demi kesehatan. Ada beragam cara yang dapat ditempuh, mulai dari giat berolahraga hingga mengatur pola makan. Makanan dalam proses diet memainkan peranan penting dalam usaha membuat berat badan turun.

Tak perlu makan dengan jumlah yang sangat sedikit, cukuplah bijak dalam memilih makanan yang kamu konsumsi. Pola makan yang seimbang akan memberikan kecukupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, sehingga tubuh kita akan berfungsi dengan baik. Sayangnya hal ini menjadi tantangan yang sulit terpecahkan oleh sebagian besar orang di dunia.

Sebenarnya sebuah semangat dan komitmen merupakan hal yang utama dalam diet. Karena pada dasarnya pola makan dan apa yang kita makanlah yang menjadi peran penting dalam diet. Jika kamu takut memakan yang menganggu diet kamu. Berikut liputan6.com rangkum makanan untuk diet yang baik kamu, Senin (4/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan untuk Diet

1. Kentang

Makanan untuk diet yang pertama adalah kentang. Seperti yang diketahui, kentang merupakan sumber karbohidrat yang paling umum untuk mengganti nasi putih. Tak hanya dapat dipadu dengan beragam makanan, kentang juga sangat cocok dikonsumsi sendiri.

Mengandung serat yang tinggi, kentang bisa melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi kentang bisa menjadi alternative makanan diet kamu.

2. Cokelat

Makanan untuk diet selanjutnya adalah cokelat. Kandungan lemak sehat di dalam cokelat sangat tinggi yaitu sekitar 65%. Selain lemak, cokelat juga mengandung serat, zat besi, tembaga, magnesium, dan zat antioksidan untuk mengendalikan kolesterol dan tekanan darah. Ngemil cokelat saat sedang diet berguna bagi kamu yang kesulitan meredam keinginan untuk konsumsi makanan manis.

3. Nasi Merah

Nasi merah juga merupakan salah satu makanan untuk diet. Jika kamu ingin memiliki gaya hidup yang lebih sehat tetapi belum dapat meninggalkan nasi? Kamu dapat menggantinya dengan nasi merah untuk diet. Ada begitu banyak manfaat yang terkandung dalam satu porsi nasi merah.

Tahukah kamu, jika nasi merah memiliki serat yang tinggi sehingga bagus untuk pencernaan. Selain itu, kandungan gula yang lebih rendah dalam nasi merah dapat mengendalikan gula darah.

4. Alpukat

Makanan untuk diet selanjutnya adalah Alpukat. Alpukat merupakan buah yang 80% isinya adalah lemak. Asam lemak yang ada di dalam Alpukat disebut dengan asam oleat yang membantu dalam melawan kolesterol dan menjaga kesehatan tubuh.

3 dari 3 halaman

Makanan yang bantu program dietmu

5. Jagung

Makanan untuk diet yang kelima adalah jagung. Jagung merupakan sumber karbohidrat yang tinggi namun rendah gula, jadi sangat cocok bagi penderita diabetes. Ingin mengurangi dan mengendalikan gula darah? Jagung dapat menjadi salah satu alternatif pengganti nasi putih.

6. Kacang

Makanan untuk diet yang keenam adalah Kacang. Kacang adalah cemilan sehat karena kaya lemak, serat, dan protein. Kacang juga mengandung vitamin E, magnesium, dan mineral yang sangat penting bagi tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang ngemil kacang sehat seperti kacang kenari, kacang almond, atau kacang macadamia berisiko rendah untuk terkena obesitas.

7. Quinoa dan Shirataki

Quinoa dan Shirataki merupakan makanan untuk diet yang ketujuh. Mungkin nama ini terlalu asing buat kamu, bagi kamu yang belum cari di Google ya. Quinoa yang memiliki serat tinggi dan mengandung asam amino yang diperlukan oleh tubuh. Quinoa juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol.

Shirataki dapat menjadi pilihan pengganti nasi putih. Terbuat dari akar konjak, Shirataki juga memiliki kalori yang sangat rendah sehingga saat mengonsumsi satu porsi kalori yang diserap tubuh sangat sedikit.

8. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga termasuk salah satu makanan untuk diet. Tak banyak yang tahu bahwa minyak zaitun tinggi akan kandungan lemak. Meski begitu, jenis lemaknya adalah lemak sehat yang membantu dalam mengendalikan kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah, dan melindungi jantung dari berbagai penyakit.

9. Minyak kelapa

Makanan untuk diet yang sembilan adalah minyak kelapa. Minyak kelapa adalah sumber lemak jenuh sehat. Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak ini akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu membakar sekitar 120 kalori per hari. Asam lemak ini juga berguna untuk mengurangi lemak perut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.