Sukses

Bisakah Penyakit Autoimun Seperti yang Mendera Ibu Mikha Tambayong Disembuhkan?

Apakah penyakit autoimun yang didera ibunda selebritas muda Mikha Tambayong sebelum meninggal dapat disembuhkan?

Liputan6.com, Jakarta Sempat menjalani perawatan penyakit autoimun, Deva Malaihollo, ibunda dari selebritas muda, Mikha Tambayong meninggal dunia pada Minggu, 3 Maret 2019. 

Deva dirawat di di Rumah Sakit Premier Jatinegara,  Jakarta Timur. Penyakit autoimun yang diidap ibu Mikha Tambayong sejak setahun lalu seperti disampaikan musisi Harvey Malaihollo, paman Mikha Tambayong. 

Menyoal penyakit autoimun, dokter Kartika Mayasari dari KlikDokter pernah menulis, pengobatan tidak dapat menyembuhkan penyakit autoimun.

"Meski begitu, ada cara yang bisa mengendalikan respons imun (antibodi) yang terlalu aktif sekaligus menurunkan peradangan yang terjadi," tulis Kartika, dikutip dari KlikDokter, Senin. 4 Maret 2019.

Beberapa obat yang digunakan untuk menangani penyakit autoimun, antara lain obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen (Motrin, Advil) dan naproxen (Naprosyn) serta obat penekan kekebalan.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pola hidup sehat

Seseorang yang mengalami penyakit autoimun juga dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan pola hidup sehat. Konsumsi makanan seimbang dan olahraga teratur, lanjut Kartika juga bisa membantu penderita merasa lebih baik.

Olahraga dapat mengurangi kelelahan atau nyeri yang berkepanjangan akibat penyakit. Stres dan kecemasan dapat tersingkir. Beberapa pilihan olahraga, yakni yoga, tai chi, bersepeda, dan berjalan kaki. 

Berkat berolahraga, hormon endorfin, yang berperan baik pada sistem imun tubuh dapat menjaga keseimbangan kekebalan tubuh. Tubuh tetap dapat energik.

"Perawatan tertentu juga dibutuhkan untuk menghilangkan gejala seperti rasa sakit, bengkak, kelelahan dan ruam kulit," ujar Kartika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.