Sukses

Lakukan 5 Hal Ini Saat Bertengkar dengan Pasangan

Agar tidak berlarut-larut dan menimbulkan keretakan dalam sebuah hubungan, lakukan 5 hal ini ketika bertengkar dengan pasangan

Liputan6.com, Jakarta Pertengkaran yang terjadi antar pasangan merupakan hal yang wajar. Sayangnya, masalah kecil saja bisa menimbulkan masalah yang lebih besar. Tidak jarang, keputusan terburuk seperti perpisahan menjadi jalan terakhir yang harus diambil.

Orang seringkali tidak peduli pada apa yang dikatakan lawannya ketika dirinya sedang marah. Sehingga, sulit apabila pasangan ingin menjalin kembali komunikasi ketika sedang mengalami konflik.

Mengutip Your Tango pada Jumat (1/3/2019), pakar relasi Dina Strada memaparkan lima hal yang dilakukan pasangan bahagia, ketika mereka sedang bertengkar.

1. Tidak meninggikan suara

Strada menuliskan, hal ini memang sulit dilakukan. Apalagi, rasa marah membuat seseorang ingin berteriak agar lawan bicaranya mendengar apa yang dikatakan dan mendengar Anda.

"Anda bisa tegas dan kuat dalam merespons, tetapi cobalah untuk tidak mengangkat suara," kata Strada.

 

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selesaikan dengan tenang

2. Bicarakan ketika tenang

"Orang-orang meremehkan kekuatan berbicara setelah mereka punya waktu untuk memproses dan menenangkan diri," kata Strada.

Karena itu, cobalah untuk mengatakan seperti, "Aku membuatmu benar-benar marah sekarang, kenapa tidak kita bicarakan kalau kita sudah tenang?" Ini memberikan kalian untuk meletakkan semua hal ke dalam sebuah perspektif sehingga ketimbang berteriak-teriak, ada percakapan mendalam yang bisa dilakukan.

3. Yakinkan pasangan bahwa Anda ingin menyelesaikannya

Seseorang harus tahu bahwa semua masalah akan baik-baik saja. Terutama ketika mereka kesal. Katakan bahwa Anda berdua tidak setuju tentang masalah tersebut, tetapi beritahu juga bahwa Anda mencintainya dan ingin mengatasi tantangan itu bersama-sama.

 

3 dari 3 halaman

Menjauh

4. Beritahu pasangan Anda menghargai hubungan Anda

Strada mengatakan, di tengah pertengkaran, memberitahu seseorang yang Anda cintai tentang pentingnya hubungan tersebut ini bisa membantu dalam meredakan pertengkaran. Dengan ini, Anda langsung pada keinginan untuk menyelesaikan masalah, ketimbang menyerangnya dengan balasan lain.

5. Saat semua tak bisa diselesaikan, jangan takut untuk menjauh sesaat

Ketika Anda sudah lelah dengan suasana pertengkaran, pergilah untuk sesaat. Strada mengatakan, hal ini akan membuat dia mengejar Anda dan merasa konyol sendiri.

Ingatlah bahwa konflik dan pertengkaran adalah bagian dalam menjalin sebuah hubungan. Penting untuk memiliki cara yang sehat ketika berkomunikasi satu sama lain ketika emosi sedang meninggi dan perasaan terluka, agar tidak merusak hubungan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.