Sukses

Cara Menjaga Kesehatan Mata secara Alami yang Perlu Kamu Ketahui

Mata adalah salah satu indera terpenting, karena itu menjaga kesehatan mata harus dilakukan sejak dini.

Liputan6.com, Jakarta Di era saat ini, banyak orang yang tak bisa lepas dari layar ponsel ataupun monitor laptop. Terlalu lama ataupun terlalu sering menatap layar ponsel atau pun monitor, seperti komputer, laptop atau televisi tentu saja bisa menimbulkan dampak bagi mata.

Selain bisa menembulkan dampak negatif bagi mata, ternyata kebiasaan ini juga bisa menurunkan produktivitas kamu. Hal ini dikarenakan kamu akan lebih sering untuk duduk dan bermalas-malasan dibandingkan melakukan aktivitas fisik.

Dengan terlalu sering menatap layar ponsel dan juga layar monitor, bisa jadi kamu lupa cara menjaga kesehatan mata. Padahal cara menjaga kesehatan mata ini sangat mudah kamu lakukan.

Tentu saja kamu harus benar-benar menjaga mata, karena mata adalah salah satu indera terpenting dalam tubuh. Mata sendiri adalah organ penglihatan pada makhluk hidup. Mata pun dapat mendeteksi adanya cahaya yang masuk dan mengubahnya sebagai impuls elektrokimia di sel saraf.

Selain itu, mata juga termasuk sistem optik yang kompleks. Dimana mata akan mengumpulkan cahaya yang ada disekitar kemudian mengatur intensitasnya melalui diafragma dan memfokuskan melalui penyesuaian lensa untuk membentuk sebuah gambar. Gambar yang terbentuk nantinya akan dikonversi dalam sebuah sinyal listrik yang dikirim ke otak melalui jalur saraf yang menghubungkan antara saraf optik menuju korteks visual dan area lain di otak.

Maka dari itu, sebisa mungkin kamu harus tetap menjaga kesehatan mata. Cara menjaga kesehatan mata ini pun bisa kamu mulai sejak dini. Agar saat bertambahnya usia, kesehatan mata kamu tetap terjaga. Dirangkum Liptan6.com dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019) cara menjaga kesehatan mata bisa kamu lakukan secara alami. Tentunya cara menjaga kesehatan mata secara alami ini tak perlu membuat kamu merogoh kantong yang dalam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mata

1. Makan buah dan sayur

Cara menjaga kesehatan mata secara alami dan juga mudah ialah memperbanyak konsumsi buah dan juga sayur. Terutama buah dan juga sayur yang banyaj mengandung vitamin A serta beta karoten. Buah dan sayur yang bisa kamu konsumsi contahnya ialah wortel. Memang sudah menjadi rahasia umum apabila wortel mampu membuat untuk manjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan beta karoten yang di miliki oleh worter sangat tinggi. Selain itu, beta karoten juga merupakan antioksidan yang bisa mengurangi resiko degenerasi makula atau penurunan penglihatan pusat saat kamu memandang lurus.

2. Kompres dengan mentimun

Irisan mentimun bisa menjadi salah satu cara menjaga kesehatan mata secara alami juga. Kamu hanya perlu mengompres kelopak mata dengan mentimun. Sensasi dingin dan juga segar dari mentimun ini bisa membantu kamu untuk menjegah bengkak dan juga timbulnya kantong mata. Kamau hanya perlu menaruh irisan mentimun ini pada kelopak mata sebelum tidur selama kurang lebih 10 menit. Baiknya lakukan kegiatan ini secara teratur agar memperoleh hasil yang maksimal.

3. Hindari pemakaian lensa kontak terlalu lama

Ada baiknya jika kamu menghindari pemakaian lensa kontak terlalu lama. Batas wajar pemakaian lensa kontak sendiri ialah 8 jam. Namun apabila merasakan mata kering kamu harus dengan segera meneteskan obat khusus lensa kontak. Pemakaian lensa kontak yang terlalu lama tentu saja sangat berbahaya. Bahkan kerusakan yang disebabkan oleh lensa kontak ini bisa permanen.

4. Kurangi penggunaan tetes mata

Memang menggunakan obat tetes mata saat mata merah ataupun iritasi bisa kamu lakukan. Akan tetapi, jika kamu berlebihan dalam menggunakan obat tetes mata, justru akan mengakibatkan kerusakan pada mata kamu. Jadi kurangi pemaiakan obat tetes mata agar tidak ada gangguan pada mata kamu.

3 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Mata

5. Hindari duduk terlalu lama di depan komputer

 

Cara menjaga kesehatan mata dengan mudah ialah hindari untuk duduk terlalu lama di depan layar. Hal ini bisa mengakibatkan mata cepat lelah. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan jarak aman mata dengan layar monitor. Untuk jarak pada layar komputer minimal ialah 30 centimeter, selain itu posisikan layar sedikit kebawah dengan jarah sekitar 61 hingga 71 centimeter.

Selain itu kamu juga harus memastikan bahwa kecerahan serta kontras di layar sudah tepat. Jangan lupakan juga untuk menggunakan layar yang besar atau memperbesar tulisan jika memeiliki masalah penglihatan. Tentu saja ini akan membantu mata kamu agar tidak terlalu lelah saat menatap layar monitor.

6. Atur pencahayaan

Cara menjaga kesehatan mata lainnya ialah dengan mengatur pencahayaan. Bukan hanya pencahayaan pada layar monitor saja yang bisa membuat kerusakan pada mata kamu. Akan tetapi pencahayaan disekitar ruangan pun bisa membuat mata kamu tak nyaman atau mengalami gangguan. Pastikan cahaya yang masuk diruangan kamu tidak terlalu berlebihan ataupun terlalu gelap.

Selain itu kamu juga harus menghindari membaca bacaan di ruangan yang memiliki cahaya redup. Karena hal ini mengharuskan kamu untuk berusaha lebih konsentrasi dengan tulisan yang kamu baca. Sehingga bisa menyebabkan ketegangan pada mata kamu. Selain itu, membaca diruangan yang minim cahaya bisa merusak kinerja mata. Namun jangan pula membaca di ruangan yang terlalu terang.

7. Jangan melihat cahaya terang secara langsung

Sebaiknya hindari untuk melihat cahaya yang terang secara langsung. Selain itu kamu juga dilarang untuk melihat serta memfokuskan pada sinar matahari, karena jika melihat secara langsung pada sinar matahari akan merusak mata kamu.

4 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Mata dengan Cara Alami

8. Jangan mengucek mata

Kebiasaan ini paling sering dilakukan jika mata terasa gatal ataupun perih. Kamu pasti akan secara reflek mengucek mata untuk mengurangi rasa gatal dan juga perih pada mata. Namun mengucek mata terlalu sering juga tak baik, apalagi bila ada sesuatu yang mengganjal di mata. Karena ibi bisa mengakibatkan iritasi yang berbahaya.

Selain itu terlalu sering untuk mengucek mata juga bisa membuat mata kamu semakin memerah. Bisa pula mengakibatkan iritasi pada mata dan juga pendarahan. Tentu kamu tak ingin kan mata kamu mengalami masalah diatas. Jadi apabila kamu merasakan gatal ataupun perih pada mata, sebaiknya gunakan obat tetes mata. Setelah itu kamu bisa mengistirahatkan mata kamu dengan cara menutup sejenak mata kamu.

9. Gunakan kacamata diwaktu tertentu

Untuk menjaga kesehatan mata, kamu juga bisa menggunakan pelindung mata saat berada ditempat tertentu. Kamu bisa menggunakan kacamata bila berada di daerah dengan partikulat udara yang cukup berbahaya ataupu tempat yang penuh dengan bahan kimia. Karena bila kamu berada pada daerah dengan partikulat udara yang tidak baik, kamu bisa mengalami gangguan mata dan juga cedera pada mata. Hal ini dikarenakan allergen yang ada di sekitar kawasan penuh debu ataupun uap bahan kimia.

10. Sering mengistirahatkan mata

Bila kamu sedang fokus pada sebuah objek dekat, cobalah untuk memfokuskan pula pada objek yang jauh. Hal ini bisa membantu kamu untuk lebih merilekskan otot-otot tegang pada mata. Kamu hanya perlu duduk dan gunakan aturan 20-20-20. Dimana setiap 20 menit kamu fokus pada benda yang dekat ataupun fokus pada layar, kemudian istirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat sesuatu dengan jarak 20 kaki atau sekitar 6 meter.

Lakukan hal tersebut secara teratur untuk menghindari kerusakan mata. Selain itu jangan lupa untuk berkedip ataupun menutup mata sejenak agar mata kamu tidak kelelahan.

Lebih baik mengetahui cara menjaga kesehatan mata sejak dini untuk mencegah kerusakan mata. Jadi jangan malas ya untuk menjaga kesehatan mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini