Sukses

Jenguk Ani Yudhoyono, Xanana Gusmao Tepuk Pipi AHY

Apa makna tepukan di pipi dari Xanana Gusmao ke Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat menjenguk Ani Yudhoyono?

Liputan6.com, Singapura Kehangatan terpancar di wajah Xanana Gusmao yang menepuk pipi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Setelah memeluk dan menepuk keras punggung AHY sebanyak tiga kali, Xanana menepuk pipi AHY saat menjenguk Ani Yudhoyono yang tengah tengah menjalani perawatan kanker darah. 

Sambil menatap wajah AHY, tepukan satu kali dari kedua tangan Xanana mendarat manis di pipi putra pertama Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

Kunjungan Mantan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao yang disambut SBY dan AHY untuk menjenguk Ani Yudhoyono yang sedang menjalani perawatan di National University Hospital, Singapura. Xanana tiba di NUH pada Minggu, 24 Februari 2019.

Selain di pipi, Xanana juga menepuk dada AHY tiga kali. Bagi Ani dan keluarga, tepukan serta pukulan tersebut yang menunjukkan keakraban antara Xanana dengan AHY. 

"Sebuah persahabatan tidak mengenal batas ruang dan waktu. SBY dan Bapak Xanana Gusmao mempunyai sejarah persahabatan yang cukup panjang, unik dan menarik. Kemarin beliau datang menjenguk saya di NUH, mendoakan untuk kesembuhan saya. Bapak Xanana menunjukkan keakrabannya kepada SBY dan AHY dengan cara yang unik. Pak Xanana memukul-mukul dada AHY bagaikan putranya sendiri. Terima kasih Bapak Xanana," tulis Ani dalam keterangan videonya.

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makna tepukan pipi di budaya lain

Dalam beberapa budaya, tepukan pipi tidak selalu menunjukkan keakraban. Melansir AFAR, di Spanyol, menepuk pipi berarti seseorang tidak tahu malu atau kurang ajar.

Namun, lain halnya di Italia. Penduduk setempat menepuk pipi sebagai tanda pujian. Dalam hal ini, seseorang terkesan baik dan cerdas. Rasa hangat dan akrab pun terjalin baik lewat gestur ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.