7 Penyakit Aneh yang Jarang Kamu Dengar

Oleh Benedikta Desideria pada 24 Feb 2019, 14:00 WIB
Depresi (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Batuk, pilek, tifus, malaria, kanker, serangan jantung adalah sedikit dari banyak penyakit yang pernah kamu dengar. Namun, pernah tidak kamu mendengar seseorang yang tiba-tiba berbicara dengan aksen bahasa lain atau kulit yang mendadak berubah menjadi biru seperti seperti Smurf?

Dalam kehidupan nyata, dua hal di atas bisa terjadi. Berikut penyakit-penyakit aneh tapi benar-benar ada seperti dikutip Prevention, Minggu (24/2/2019).

1. Aksen bahasa asing

Satu detik yang lalu berbicara normal tapi tak lama menggunakan aksen bahasa asing. Terdengar tak mungkin tapi itulah Foreign Accent Syndrome (FAS), sebuah gangguan yang menyebabkan perubahan aksen berbicara.

Hal ini biasanya terjadi akibat cedera otak atau stroke.Berdasarkan beberapa kasus, ada yang aksennya Inggris British menjadi Prancis, Inggris Amerika menjadi Inggris British, Spanyol ke Hongaria, dan Jepang ke Korea.

2. Alice in wonderland syndrome

Di novel fantasi Alice's Adventure in Wonderland, Alice mendadak merasa dirinya menjadi begitu besar. Dalam kehidupan nyata juga dikenal Alice in Wonderlan Syndrome (AIWS), sebuah kondisi ketika persepsi yang dirasakan orang itu berbeda dengan sekitarnya, bisa merasa lebih besar atau kecil daripada yang sesungguhnya.

AIWS bukanlahlah halusinasi, melainkan gangguan di otak yang kemudian memengaruhi indra manusia. Hal ini bisa terjadi hanya hitungan menit maupun kronis. Menurut penelitian, orang yang pernah mengalami hal ini kerap mengalami migrain. Hingga kini, belum ada pengobatan untuk AIWS.

[Bintang] Alice In Wonderland 2
Alice In Wonderland 2. Foto: Cinemablend
2 of 3

3. Methemoglobinemia - Si kulit biru

The Smurf 3D, Petualangan Blue Moon
Penggemar tokoh komik Smurf patut bergembira karena serial animasi Smurf yang sudah diangkat ke layar kaca, kini dapat disaksikan dalam layar lebar dalam bentuk Tiga Dimensi.

Methemoglobinemia adalah suatu kondisi gangguan kulit biru yang disebabkan karena kelaianan darah. Hal ini terjadi karena produksi methemoglobin (salah satu bagian dari hemoglobin) berlebihan.

Pada kondisi ini, produksi methemoglobin meningkat, yang tadinya 1 persen menjadi 20 persen. Hal ini membuat hemoglobin tidak bisa didistribusikan dengan baik ke seluruh tubuh, sehingga kulit menjadi biru keunguan.

Penyakit ini disebabkan genetik, bisa juga akibat obat.

4. Pica - sebuah gangguan makan

Pernah kan kamu melihat berita seseorang makan sabun, tanah, kapur dan benda-benda aneh lainnya? Itu adalah gangguan makan kompulsif pica. Biasanya orang ini suka makan sesuatu yang bukan makanan untuk dikonsumsi.

Menurut riset, hal ini bisa terjadi pada anak-anak dibandingkan dewasa. Pada ibu hamil juga sering terjadi. Kemungkinan karena tubuh kekurangan zat besi maupun zinc.

3 of 3

6. Penyakit morgellons

Ilustrasi laba-laba
Ilustrasi laba-laba (iStock)

Orang dengan kondisi ini merasa bahwa ada sesuatu seperti serangga yang sedang merayap di tubuhnya. Namun, dalam kenyataanya tidak ada.Kondisi ini biasanya dialami oleh orang yang memiliki masalah kulit akibat infeksi atau bakteri disertai masalah kelelahan, depresi dan kesulitan konsentrasi.

7. Alergi air

Seakan-akan tidak mungkin karena setiap hari kita membutuhkannya. Namun, aquagenic urticaria (AU) adalah suatu kondisi yang benar-benar ada di kehidupan nyata.Orang dengan AU ketika bersentuhan dengan air akan merasakan gatal disertai ruam-ruam. Lalu, sekitar 30-60 akan hilang.

Menurut Genetic and Rare Diseases Information Center (GARD), mereka dengan kondisi ini akan dibantu dengan antihistamin, krim, terapi cahaya dan obat suntik karena tidak mungkin bersentuhan dengan air.

Lanjutkan Membaca ↓