Sukses

Kondisi Pasien yang Perlu Obat Kanker Usus Bevacizumab dan Cetuximab

Obat kanker kolorektal (usus besar) Bevacizumab dan Cetuximab tidak diberikan semua, melainkan tergantung dari kondisi pasien masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan obat kanker Bevacizumab dan Cetuximab untuk pasien kanker kolorektal (usus besar) ternyata tidak diberikan dua-duanya. Hal itu disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien kanker.

"Tidak dua-duanya diberikan obat itu, tapi tergantung molekular genetik. Ada pemeriksaan KRAS. NRAS, dan BRAF untuk melihat mutasi genetik sel kanker," jelas Dokter spesialis bedah digestif Hamid Rochanan saat ditemui di bilangan Tebet, Jakarta, ditulis Kamis, 21 Februari 2019.

Jika hasil pemeriksaan semua metode wild type positif (normal), maka pasien kanker kolorektal akan diberikan Cetuximab. Bila hasil pemeriksaan itu ditemukan ada genetik sel kanker yang mutan, pasien diberikan Bevacizumab.

Bevacizumab dan Cetuximab merupakan obat kanker untuk target terapi bagi pasien kanker kolorektal stadium 4 grup 1 dan 2. Pembagian berdasarkan grup ini artinya tahapan tingkat keparahan dan penyebaran sel kanker.

Bagi pasien kanker kolorektal stadium 4 grup 0 dan 3 tidak perlu diberikan target terapi. Artinya, dua obat kanker ini tidak diberikan.

Bevacizumab dan Cetuximab kini tengah ramai diperbincangkan karena kedua jenis obat itu akan dikeluarkan dari daftar Formularium Nasional (Fornas), menurut Keputusan Menteri Kesehatan momor HK.01.07/MENKES/707/2018. Obat kanker ini tidak lagi dijamin Program Jaminan Kesehatan (JKN) BPJS Kesehatan per 1 Maret 2019

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyasar tumor usus sebelah kiri

Target terapi memang ditujukan untuk kanker kolorektal stadium 4. Target terapi dapat memperpanjang harapan hidup pasien.

Efektivitas obat kanker Bevacizumab dan Cetuximab menyasar langsung pada tumor ganas. Tumor ganas pun ditekan perkembangannya sehingga tidak menyebar ke organ tubuh lain (bermetastasis).

Yang perlu diketahui, kedua jenis obat sangat efektif bekerja pada tumor usus ganas sebelah kiri. Ada dua bagian kanker kolorektal, yakni tumor kolon sebelah kiri dan kanan.

"Kanker kolorektal itu kalau dipelajari lebih dalam ada sisi tumor kolon kanan dan kiri. Yang punya efektivitas jika diberikan target terapi (menggunakan Bevacizumab dan Cetuximab) adalah tumor kolon sisi kiri," papar Hamid.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.