Sukses

6 Pelajaran Berharga Usai Putus Cinta

Putus cinta bukan akhir segalanya. Walau menyakitkan ada beberapa pelajaran hidup yang begitu berharga didapatkan setelah menjalani pengalaman pahit ini.

Liputan6.com, Jakarta Merawat hati yang hancur usai putus cinta bukanlah hal yang mudah. Menangis berhari-hari ditambah sakit hati yang masih tersisa membuat banyak orang merasa hancur. Namun, kehidupan tak berhenti usai putus cinta.

Segera usap air mata dan angkat kepala ke atas. Malah, putus cinta yang baru kamu lalui mengajarkanmu banyak hal. Mulai dari kenyataan bahwa hidup tak selalu mulus serta jiwa yang makin tangguh, selengkapnya seperti dilansir Times of India, Kamis (21/2/2019).

1. Ingat, cinta tak selalu semulus cerita dongeng

Banyak dari kita mengaitkan hubungan dengan ide-ide romantis dari film atau buku. Namun, saat mulai menjalaninya akan sadar tidak seindah itu. Setiap pasangan akan mengalami perdebatan, pertengkaran hingga perbedaan persepsi.

2. Selalu ada teman yang tak tergantikan

Teman sejati akan dengan sabar mendengarkan Anda menangis selama berjam-jam tanpa mengeluh. Mereka adalah orang-orang yang tidak boleh Anda lepaskan dalam hidup.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tahu rasa patah hati sebenarnya

 

Putus cinta adalah pengalaman berharga dalam hidup. Di sini, kamu merasakan beragam emosi seperti kemarahan, kecemburuan, kesedihan atau kejengkelan. Ini adalah serangkaian emosi yang mungkin belum pernah kamu rasakan sebelumnya.

Dengan pengalaman ini, kamu bisa mengerti lalu belajar cara mengendalikan diri. Yang paling penting, kamu akan menyadari bahwa Anda ternyata menjadi lebih kuat dan lebih bijaksana daripada yang Anda kira begitu Anda melewati fase ini.

4. Hidup tak pernah berhenti

Tidak peduli apa pun yang sedang dihadapi, kamu harus keluar dari tempat tidur, berbicara dengan orang-orang terdekat, pergi ke kantor dan terus menjalani hidup.

Di titik ini, kamu belajar bahwa tidak dapat memaksakan sesuatu (bahkan hubungan) dan pada akhirnya, waktu menyembuhkan segalanya. Hidup tidak pernah berhenti, dan setiap fase hanya bersifat sementara.

 

3 dari 3 halaman

5. Menjadi pahlawan untuk diri sendiri

Memang ada sahabat dan keluarga yang mendukung. Namun, pada akhirnya, saat putus cinta kamu yang harus berusaha dan mencari jalan keluar dari situasi ini dan menjadi pahlawan Anda sendiri.

6. Makin bijaksana untuk hubungan selanjutnya

Seiring waktu, kamu menjadi orang yang lebih dewasa dan kuat. Saat merasa lemas, setidaknya memiliki kejelasan yang lebih baik tentang apa yang dicari. Dengan pengalaman putus cinta, ada pelajaran hidup yang diraih. Sehingga, lebih siap untuk menghadapi jalan di depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.