Sukses

Punya Pacar Bikin Anda Kehilangan Dua Teman Dekat

Sebuah penelitian mengungkap bahwa satu orang pacar sama berharganya dengan dua orang sahabat

Liputan6.com, Jakarta Pikirkan lagi jika Anda ingin memiliki seorang pacar. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ternyata hubungan romantis dengan seseorang harus mengorbankan hal lain dalam hidup Anda yaitu teman dekat.

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Robin Dunbar dari Institute of Cognitive and Evolutionary Anthropology di Oxford University menyatakan, ketika seseorang memiliki pasangan romantis, rata-rata dari mereka akan kehilangan dua teman dekat. Hal ini membuatnya berada dalam lingkaran sosial yang lebih kecil.

Mengutip Guardian pada Selasa (19/2/2019), baik pria atau wanita sama-sama mendapatkan efek ini. Lewat sebuah kuesioner di internet, Dunbar bertanya pada 428 wanita dan 112 pria.

32 pertanyaan diberikan pada para peserta. Mereka diberikan pertanyaan tentang apakah orang-orang terdekat mereka bisa memberikan perasaan romantis tambahan. Namun hasilnya, hubungan romantis malah menabrak lingkaran pertemanan terdekat mereka.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengorbankan dua teman dekat

Dalam penelitian sebelumnya, Dunbar menemukan bahwa orang-orang biasanya memiliki lima relasi yang sangat dekat. Mereka adalah orang-orang yang akan dituju, apabila berada dalam masalah emosional atau keuangan.

"Jika Anda memiliki hubungan romantis, itu seharga dengan dua teman. Mereka yang memiliki hubungan romantis tidak memiliki lima inti dalam sebuah hubungan tapi hanya empat. Dan satu dari mereka adalah orang baru yang datang dalam hidup," kata Dunbar.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Personal Relationship 2010 itu melihat bagaimana orang saling bertukar waktu menghabiskan waktu dengan satu orang dibandingkan yang lainnya. Menunjukkan bahwa hubungan dengan keluarga dan teman dekat mulai pudar ketika seseorang memulai hubungan romantis.

"Saya mengira bahwa perhatian Anda sepenuhnya terfokus pada pasangan romantis sehingga Anda tidak bisa melihat orang lain yang telah melakukan banyak hal dengan Anda sebelumnya, beberapa dari hubungan itu mulai memburuk."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.