Sukses

Bayi Ini Dipaksa jadi Vegan, Umur 5 Bulan Kena Gizi Buruk

Liputan6.com, Jakarta Kasus ini menjadi pelajaran bagi para orangtua vegan agar tidak terlalu fanatik akan gaya hidup semacam itu. Hal ini karena tidak semua usia diperbolehkan hanya mengonsumsi makanan berbasis nabati.

Seorang pasangan suami istri di Amerika Serikat dengan kebiasaan vegan harus berhadapan dengan hukum. Mereka terkena tuduhan akibat nyaris membuat bayi mereka mati kelaparan. Ditengarai, keduanya memberikan "susu formula" yang terbuat dari kentang.

Dilansir dari New York Post pada Sabtu (16/2/2019), bayi yang baru berusia 5 bulan itu dilaporkan memiliki berat kurang dari 8 pon atau sekitar 3,6 kilogram. Angka itu satu pon lebih rendah dari beratnya saat dilahirkan.

Bayi tersebut akhirnya diselamatkan oleh petugas. Dia harus mendapatkan pemulihan di rumah sakit Florida. WFTV 9 bahkan melaporkan, saat pihak berwenang memeriksanya, mata bayi terlihat cekung dan tulang rusuknya terlihat jelas.

Dokumen pengadilan menyebutkan bahwa anak tersebut sangat mengantuk. Selain itu, dia juga mengalami dehidrasi dan kurang gizi yang menyebabkan suhu tubuh dan kadar gulanya menjadi tidak menentu.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa berdampak seumur hidup

Kedua orangtua sang bayi, Julia French (20) dan Robert Buskey (31) telah didakwa dengan kelalaian dan menghadapi tuntutan lainnya. Keduanya telah ditahan di Brevard County Jail.

Pihak kepolisian mengatakan bahwa pasangan ini memberinya makanan yang ditumbuk. Ditakutkan, kekurangan makanan yang layak di lima bulan kehidupan pertama bayi tersebut bisa meninggalkan dampak buruk bagi tubuhnya, seumur hidup anak tersebut.

"Saya belum pernah melihat anak di tahap seperti ini, sangat dekat dengan kematian," kata Detektif Lauren Watson dari Titusville Police Department.

"Di satu titik, ketika anak itu baik-baik saja dan sehat, serta beratnya bertambah, mereka menggunakan formula organik, namun tiba-tiba mengubahnya sendiri," tambah Watson.

Tidak dijelaskan mengapa mereka membuat sendiri "susu formula" yang terbuat dari kentang untuk sang bayi. Mengutip Miami Herald, polisi menyatakan bahwa pasangan itu mengganti susu formula yang sudah direkomendasikan dokter dengan "resep" mereka sendiri agar konsisten dengan gaya hidup vegan yang dianutnya.

Saat ini, anak itu sudah bertambah setengah pon semenjak mendapatkan perawatan dari petugas kesehatan anak dan keluarga setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.