Sukses

Anak Paling Rentan Kena DBD, Dengarkan Pesan Dokter Anak Ini

Berikut pesan seorang dokter anak agar si Kecil terhindar dari ancaman DBD

Liputan6.com, Jakarta Cuaca yang berubah seperti sekarang membuat daya tahan tubuh anak jadi mudah menurun. Alhasil, anak pun paling rentan terkena demam berdarah dengue (DBD)

Flu, diare hingga infeksi saluran pernapasan jadi penyakit yang selalu menyerang anak saat musim hujan seperti sekarang.

Dokter Pratiwi, salah satu dokter anak yang kerap berbagai info soal kesehatan anak, mewanti-wanti agar tidak membawa si Kecil ke tempat ramai berlebihan.

 
 
 
View this post on Instagram

Semoga semua bayi/anak2 yg saat ini sakit ceria kembali! Poliklinik isinya bayi/anak2 sakit dan lumayan berat2 ..ada yg diare/flu berat sampai radang paru! Hindari tempat umum berlebihan yaa ..ada yg baru sembuh 2 hari dibawa nge mall sebentar ..sakit lagi deh jadinya! Ingat selalu kalau terlanjur sakit biasanya mereka perlu sekitar 7-10 hari utk pulih! Jadi lebih baik berikan istirahat, cairan dan makan yg baik di rumah saja yaaa ..apalagi dibawa ke pesta kawin, saat ini sebaiknya jangan yaaa ...supaya nafsu makan yg sudah pas2 an tak bertambah anjlok ...( biasanya akan ganggu laju pertumbuhan) ..cuaca sedang tak bersahabat saat ini! Hati2 yaaaa..DBD jg sedang musim ..semprot nyamuk di rumah di jam 10 dan 5 sore saat nyamuk beredar, ranting2 pohon dipotong.tempat gelap/gudang dll dibersihkan ....juga perhatikan air2 tergenang..kalau punya kolam sebaiknya ada ikannya yaaa

A post shared by Dr Tiwi (@drtiwi) on

Ia mengingatkan para orangtua untuk lebih ekstra dalam menjaga kesehatan buah hatinya. Terutama jika si Kecil sedang dalam masa pemulihan setelah sakit.

"Hindari tempat umum berlebihan yaa ..ada yg baru sembuh 2 hari dibawa nge mall sebentar ..sakit lagi deh jadinya! Ingat selalu kalau terlanjur sakit biasanya mereka perlu sekitar 7-10 hari utk pulih! Jadi lebih baik berikan istirahat, cairan dan makan yg baik di rumah saja yaa," pesan dokter Tiwi di akun Instagram @drtiwi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antisipasi Wabah Demam Berdarah Dengue

Sang dokter juga berpesan untuk lebih mengantisipasi wabah demam berdarah. Jangan sampai si kecil di rumah terkena gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan terkena demam berdarah.

"DBD juga sedang musim, semprot nyamuk di rumah di jam 10 dan 5 sore saat nyamuk beredar, ranting pohon dipotong. Tempat gelap/gudang dll dibersihkan..juga perhatikan air tergenang..kalau punya kolam sebaiknya ada ikannya yaaa," ungkap dr. Tiwi.

Penulis : Mutia Nugraheni / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demam berdarah dengue atau disingkat DBD, atau disebut juga demam dengue/demam berdarah, adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue.

    DBD

  • Demam berdarah dengue merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus dengue.

    Demam Berdarah Dengue

Video Terkini