Sukses

Seberapa Besar Seks Pengaruhi Kesehatan Rongga Mulut?

Kesehatan rongga mulut ada hubungannya dengan seks yang sering Anda lakukan

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka, ternyata seks bisa mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut.

Seks memang merupakan salah satu kebutuhan bagi pasangan suami istri. Memang, kegiatan ini bisa mendatangkan manfaat kesehatan. Namun di balik semua itu, ternyata seks juga bisa pengaruhi kesehatan gigi dan mulut, lho!

Seks dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Penyebabnya adalah kesalahan dalam melakukan posisi tertentu. Posisi yang dimaksud adalah oral seks.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Oral Seks

Oral seks adalah salah satu variasi gerakan, yang biasanya dilakukan sebelum penetrasi. Gerakan ini dapat dilakukan dengan bantuan bibir, lidah maupun gigi. Biasanya dilakukan pada penis, vagina, klitoris atau anus.

Jadi bisa dikatakan kalau oral seks menyebabkan bertemunya bagian kelamin dengan rongga mulut secara langsung. Itulah sebabnya mengapa gerakan ini dapat menularkan infeksi virus herpes, hepatitis, sifilis, gonore, HPV, chlamydia, dan HIV.

Tak hanya itu, oral seks juga dapat menyebabkan kanker di orofaring –bagian dari saluran pencernaan dan saluran pernapasan yang ada di belakang mulut. Menurut The New England Journal of Medicine, seseorang memiliki risiko kanker yang meningkat jika dirinya melakukan oral seks pada 6 pasangan berbeda.

Risiko terjadinya kondisi di atas akan meningkat pula pada orang yang memberikan oral seks. Jadi bukan pada penerimanya. Apalagi jika orang yang memberikan oral seks tersebut memiliki luka di rongga mulutnya.

 

3 dari 3 halaman

Cara Pencegahannya

Namun jangan khawatir, kejadian di atas dapat dicegah dengan catatan:

  1. Memastikan tubuh dalam keadaan bersih sebelum melakukan oral seks.
  2. Usahakan untuk mandi terlebih dahulu, agar kuman di organ intim hilang.
  3. Bersihkan organ intim Anda sebersih mungkin mengugnakan sabun.
  4. Sebelum melakukan oral seks, gunakan kondom jika targetnya adalah penis, atau dam (kondom oral) jika targetnya adalah vagina/klitoris/anus.

Jadi, mulai saat ini Anda dan pasangan harus lebih berhati-hati dalam melakukan hubungan seks. Dengan demikian, kehidupan seks maupun kehidupan berumah tangga Anda tetap terjaga kualitasnya.

Penulis : dr. Irma Rismayanty / Klik Dokter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini