Sukses

Istri Baru Melahirkan, Ini Dukungan yang Perlu Dilakukan Suami

Mengurus bayi hingga mendampingi istri saat menyusui amat perlu dilakukan suami.

Liputan6.com, Jakarta Dukungan suami begitu penting usai istri melahirkan. Energi yang tercurah saat persalinan atau luka operasi caesar membuat ibu baru butuh banyak pertolongan, terutama orang terdekat yakni suami.

Berikut empat dukungan suami ke istri yang baru melahirkan seperti disampaikan dokter Nadia Octavia dari Klikdokter:

Ikut terlibat dari awal

Banyak pria memilih untuk menyerahkan seluruh tanggung jawab mengurus anak pada istri. Namun jika Anda ingin memiliki hubungan yang positif dan memiliki hubungan emosional dengan anak, sebaiknya ikutlah terlibat dalam proses merawat anak sedari dini.

Anda bisa membantu menggantikan bajunya, menenangkan anak ketika menangis, memandikan anak, mengganti popok atau bermain dengan anak. Bonusnya istri Anda pun akan semakin sayang pada Anda!

Berikan sentuhan pada bayi

Sentuhan fisik dapat membuat bayi merasa tenang dan aman. Selain itu memberikan sentuhan fisik pada bayi Anda dapat membangun rasa "percaya" bayi dan membangun ikatan emosional dengan Anda.

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Nursing Research and Practice pada tahun 2017, dilaporkan bahwa semakin dini dan semakin sering ayah berinteraksi dengan bayinya (seperti mengajak bicara, memeluk, menggendong atau bercanda), maka ikatan emosional yang terbentuk juga semakin erat. Hal ini juga dapat merangsang perkembangan otak bayi.

 

Bantu dan temani istri saat menyusui

Seperti yang sudah diketahui, nutrisi terbaik bagi bayi baru lahir adalah ASI. Produksi ASI sangat dipengaruhi kondisi psikis si ibu. Bila hati ibu tenang, bahagia, maka produksi ASI akan berlimpah.

Dukungan istri saat proses menyusui juga penting agar istri Anda lebih tenang dan rileks. Segelas air putih, membawakan bantal atau sekadar memijat bahu istri walaupun terkesan sepele namun akan sangat berarti bagi istri Anda.

Ketahui informasi yang Anda butuhkan mengenai bayi

Banyak pria yang tidak tahu kapan waktu imunisasi anak atau bahkan tidak memperhatikan apakah anak sudah bisa merangkak atau mulai berjalan. Terkadang banyak ayah juga menyelepekan hal-hal detail tentang bayinya, terlebih jika sudah anak kedua, ketiga dan seterusnya.

Padahal setiap anak akan tumbuh, berkembang dan memiliki karakter yang berbeda-beda. Tunjukkan kepedulian Anda dengan meluangkan waktu untuk mencari informasi kesehatan yang dibutuhkan tentang bayi Anda.

Jaga kemesraan dengan istri Anda

Euforia memiliki bayi terkadang membuat pasangan suami istri terlarut dan "lupa" menjaga kemesraan dan keharmonisan dengan pasangan. Anda mungkin berpikir, apalagi memikirkan ingin bermesraan dengan istri, untuk tidur dengan nyenyak di malam hari saja sudah sulit.

Namun menjaga kemesraan dengan pasangan merupakan salah satu bentuk dukungan yang bisa Anda berikan agar pasangan tahu bahwa Anda masih peduli dengan dirinya. Usahakan untuk tetap meluangkan waktu berkualitas berdua dengan pasangan meski kini Anda sudah dikaruniai buah hati.

 

 

Sumber: Klikdokter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini