5 Bahan Makanan yang Pantang Disimpan di Kulkas

Oleh Liputan6.com pada 15 Feb 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 17 Feb 2019, 09:13 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, kulkas merupakan salah satu tempat penyimpanan. Bahan makanan jadi awet dan bebas dari serangan hewan. Namun, tidak semua bahan makanan cocok dimasukan ke dalam kulkas.

Seperti dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah makanan yang sebaiknya tak disimpan di dalam kulkas.

1. Tomat

Tomat terutama ketika sudah berwarna merah dan matang sebaiknya disimpan pada tempat dengan suhu ruangan. Sebaiknya tomat tidak dimasukkan kulkas dan tak kena cahaya matahari langsung.

Penelitian menunjukkan bahwa tomat matang yang didinginkan cukup lama dapat mengurangi rasanya hingga 65 persen. Memasukkan ke kulkas hanya boleh dilakukan terhadap tomat yang terlalu matang untuk menjaganya tidak terlalu cepat membusuk.

 

2 of 3

Roti

Ilustrasi Roti Tawar
Ilustrasi Roti Tawar (iStockphoto)

2. Roti

Banyak orang yang keliru menyimpan roti mereka di kulkas untuk membuatnya lebih awet. Namun seorang pakar roti, Wayne Gisslen menyebut bahwa memasukkan roti ke kulkas justru membuatnya lebih cepat basi setidaknya enam kali lebih cepat dibanding yang disimpan dalam suhu ruangan.

Jika memang kamu tak dapat menghabiskan rotimu dengan cepat, sebaiknya masukkan roti ke dalam freezer untuk menyimpannya. Hal ini dapat membuat roti lebih awet.

3. Madu

Sebagai cairan manis yang bisa awet untuk waktu lama, tidak ada gunanya memasukkan madu ke dalam kulkas. Melakukan hal ini justru dapat membuatnya mengeras dan sulit dikonsumsi.

"Madu akan mengristal di sarangnya ketika temperatur berada di bawah 10 derajat celcius, dan madu bakal mengristal dalam kontainermu jika kamu menyimpannya di tempat dingi," ujar Gwen Pearson dari Purdue University.

 

3 of 3

Bawang bombai

Ilustrasi Bawang Bombay
Ilustrasi bawang bombay (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

4. Bawang bombai 

Bawang bombai tidak seharusnya disimpan di kulkas karena membutuhkan tempat yang dingin dan berangin. Ketika diletakkan di tempat yang dingin dan lembap, saripatinya bakal berubah menjadi gula sehingga mudah membuatnya jadi terlampau lembek.

Simpan bawang tersebut di tempat sejuk agar tetap awet. Selain itu, jangan letakkan bawang dekat dengan kentang karena keduanya cenderung melepaskan gas dan kelembapan yang dapat merusak satu sama lain.

5. Kopi

Idealnya, kopi seharusnya disimpan pada kontainer kedap udara di dapur. Menyimpannya di dalam kulkas tak bakal mengubah kondisinya bahkan malah dapat memberi efek buruk pada rasa yang dihasilkannya.

"Struktur selnya bakal berubah, sehingga menyebabkan hilangnya minyak yang memberi kopi aroma dan rasanya," ujar Scott McMartin dilansir dari Real Simple.

Hindari menyimpan sejumlah barang tersebut dalam kulkas. Karena selain merusak rasanya dan membuat cepat basi, sejumlah manfaat yang dikandungnya juga bakal menghilang.

 

 

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓