Sukses

Zodia, Tanaman yang Bikin Nyamuk DBD Tidak Betah di Rumah

Zodia merupakan tanaman yang paling tidak disukai oleh nyamuk DBD.

Liputan6.com, Jakarta Zodia merupakan salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk demam berdarah dengue (DBD). 

”Zodia merupakan tanaman yang paling tidak disukai oleh nyamuk,” kata Staf Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Saleha Sungkar.

Sebenarnya, bukan hanya nyamuk yang tidak suka aroma zodia, manusia juga. Dalam indera penciuman manusia aroma tanaman ini sedikit tajam. 

Selain zodia, dalam seminar “Demam Berdarah yang Tak Kunjung Musnah, Mengapa?” di Gedung IMERI FKUI, Jakarta Pusat ini Sungkar juga menyebutkan ada beberapa tanaman lain yang tidak disukai nyamuk. Diantaranya sereh, jahe, lengkuas, kemangi, kencur, dan jeruk purut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak cukup dengan tanam tanaman antinyamuk

Di kesempatan yang sama, Sungkar juga mengungkapkan bahwa tak cukup dengan menanam tanaman antinyamuk untuk memberantas DBD. Perlu juga tindakan Pemberantasan Sarang Nyamuk. Salah satunya dengan 3M (Menguras, Menutup, Menimbun). 

Sungkar menyarankan untuk melakukan 3M satu minggu sekali. Hal ini dilakukan secara rutin sehingga bisa mengendalikan nyamuk yang ada di sekitar rumah.

Ia juga mengingatkan agar tidak membiarkan tanaman yang ada di depan rumah terlalu rimbun. Pastikan juga tanaman yang dipilih tidak bisa menampung air. 

 

Saksikan juga video menarik berikut 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.