Sukses

Ini Fakta-fakta Kanker Darah dan Cara Mengetahui Gejalanya

Kanker jadi ancaman terbesar kedua di dunia, dan ketujuh di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Kanker masih menjadi ancaman terbesar kedua di dunia, dan ketujuh di Indonesia. Salah satu tipe kanker yang paling ganas yaitu leukemia. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencatat adanya peningkatan jumlah kasus baru dan kematian akibat leukemia secara menahun antara 2010-2013. 

Kanker darah menjadi perbincangan, karena Ibu Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 Republik Indonesia sedang menderita sakit kanker darah. Ibu Ani tengah mengalami perawatan di Rumah Sakit National University, Singapura.

Nah, sebenarnya, apa penyakit kanker darah ini? Berikut Liputan6.com, Rabu (13/2/2019)  memberikan beberapa penjelasan tentang kanker darah yang dirangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian kanker darah

Kanker darah merupakan salah satu sakit yang sulit dikenali karena tidak memiliki ciri-ciri yang jelas, kecuali jika kondisi tersebut sudah benar-benar parah.  Kanker darah atau leukemia merupakan salah satu penyakit yang dianggap menjadi hal yang menakutkan. Bagaimana tidak, penyakit ini dapat menyerang siapa pun tanpa terkecuali.

Kanker darah adalah kanker yang terjadi pada sel-sel yang membentuk darah dalam sumsum tulang serta sistem limfa. Kanker darah juga merupakan jenis kanker yang akan mempengaruhi sel darah putih.

Sel darah putih merupakan sel darah pada tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi. Bagi pengidap kanker darah, sel darah putih ini dapat tumbuh dengan cara yang abnormal, yakni menjadi berlebihan dan dengan bentuk yang tidak sempurna sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik.

3 dari 4 halaman

Gejala Kanker Darah

Gejala yang timbul pada kondisi kanker darah bervariasi setiap orangnya, seperti berikut:

1.      Demam atau menggigil;

2.      Rasa lelah atau lemah yang berkepanjangan;

3.      Infeksi yang berulang;

4.      MEnurunnya berat badan;

5.      Pembengkakan kelenjar getah bening, pembengkakan hati atau empedu;

6.      Mudah berdarah atau memar;

7.      Mimisan berulang;

8.      Munculnya bintik-bintik merah pada kulit yang tidak dapat hilang;

9.      Keringat berlebihan, terutama pada malam hari; dan

10.  Nyeri pada tulang.

4 dari 4 halaman

Fakta-fakta kanker darah

Berikut ada beberapa fakta mengenai kanker darah, leukemia mengutip dari Merdeka.com .

1.   Di Amerika Serikat, setiap empat menit sekali, satu orang terdiagnosis memiliki kanker darah.

2.  Leukimia bukan satu-satunya kanker darah. Ada dua jenis kanker darah lainnya yaitu lymphoma yang menjangkiti sistem limfa, dan myeloma yang menyerang sel plasma dalam tubuh.

3.  Di Amerika Serikat, lebih dari satu juta orang hidup dengan leukemia, lymphoma, atau myeloma.

4.  Leukimia adalah jenis kanker ke-10 yang paling banyak menjangkiti manusia dari semua ras dan etnis.

5.  Di Amerika Serikat, setiap 10 menit sekali satu orang meninggal karena kanker darah.

6.  Leukimia adalah penyebab sepertiga kematian akibat kanker pada anak berusia di bawah 15 tahun.

7.  Usia adalah hal yang penting untuk menentukan risiko seseorang terkena kanker darah, seperti myeloma. orang yang berusia di bawah 45 tahun jarang terkena penyakit ini. Sementara orang berusia di atas 67 tahun memiliki risiko yang tinggi.

8.  Pria memiliki risiko 31 persen lebih tinggi terkena leukemia. Mereka juga memiliki risiko lebih besar untuk meninggal akibat penyakit tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.