Sukses

Hati-Hati, Kebiasaan Ini Sebabkan Ada Jerawat di Bibir Pria

Bisa juga lho muncul jerawat di bibir.

Liputan6.com, Jakarta Jangan salah, jerawat juga bisa tumbuh di bibir. Pada pria, kebiasaan bercukur yang kurang tepat menyebabkan munculnya jerawat di bibir seperti disampaikan dermatolog asal New York City, Kenneth Howe.

"Jerawat merupakan peradangan yang terjadi secara alami dan dapat disebabkan karena iritasi. Jika kamu ceroboh, tak sabar, atau terlalu cepat menggunakan pisau cukur yang tumpul, reaksinya bisa berupa jerawat. Hal ini juga mungkin terjadi jika kamu menggunakan hal berbeda seperti meminjam pisau cukur atau produk baru," kata Howe seperti dilansir Men's Health.

Penggunaan lip balm juga bisa jadi biang keladi munculnya masalah jerawat di bibir ini. Namun hal ini sangat jarang terjadi kecuali lip balm itu digunakan banyak-banyak dan dioles dengan sangat cepat di bibir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beda Jerawat dan Herpes

Hal yang sering disalahpahami mengenai jerawat di bibir ini adalah orang sering sulit membedakannya dengan herpes. Terutama jika jerawat yang tumbuh tidak memiliki mata berwarna hitam.

"Terkadang orang memiliki jerawat yang lebih dalam dan tumbuh berwarna merah dengan ujung mata putih," jelas Howe.

"Hal inilah yang membuat banyak orang sulit membedakan apakah ini merupakan herpes, atau jerawat karena mereka tampak serupa," sambungnya.

Cara termudah mengetahuinya adalah dengan membedakan gejala yang menyertainya. Jika sebelumnya kamu pernah mengalami benjolan itu di tempat yang sama, kemungkinan hal itu merupakan herpes.

"Jika muncul kebas atau sakit sebelum munculnya benjolan tersebut di bibirmu, hal itu jadi pertanda bahwa kamu mengalami herpes," terang Howe.

Hal lain yang bisa digunakan untuk membedakan adalah melalui bentuknya. Jerawat cenderung berbentuk lingkaran sempurna, sedangkan herpes bentuknya lebih tak beraturan.

Namun, jika kamu khawatir dengan benjolan di dekat bibirmu tersebut, sebaiknya segera mengonsultasikan dan mengobatinya ke dokter kulit agar tak terjadi masalah lebih lanjut.

 

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.