Sukses

Manfaat Membacakan Buku dengan Lantang untuk Anak

Ketika orangtua membaca dengan keras, maka akan meningkatkan kemampuan anak untuk memperhatikan dan berkonsentrasi.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kebiasaan membacakan buku cerita atau jenis lainnya untuk anak tentu amat baik. Selain meningkatkan pengetahuan juga ikatan antara orangtua dan anak, bisa juga lho melatih konsentrasinya asal membacanya dengan kencang.

Ketika orangtua membaca dengan keras, maka akan meningkatkan kemampuan anak untuk memperhatikan dan berkonsentrasi. Keterampilan ini akan sangat membantu anak di sekolah.

Membacakan dengan suara keras kepada seorang anak bahkan dapat mengurangi kecenderungan sikap agresif pada anak.

Cara membaca dengan kencang juga ada manfaat lainnya lho. Berikut seperti dikutip Happy Family:

1. Mendengar variasi kata yang lebih luas

Anak akan mendengar variasi kata yang lebih banyak dan luas. Mempelajari kata-kata baru, menggunakannya dalam sebuah kalimat dan mengembangkannya merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan anak usia balita.

Dengan membacakannya buku setiap hari, anak akan lebih mudah mempelajari kata-kata baru, begitu juga konteksnya. Hal ini akan sangat merangsang kemampuan berbahasa dan komunikasinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Meningkatkan perkembangan otak anak

Membacakan buku dengan kencang seperti mengembangkan otak anak anak. Semakin banyak dibacakan buku, maka semakin banyak neuron di otaknya akan tumbuh dan terhubung bersama.

Membaca sangat penting untuk proses belajar. Jika anak terbiasa membaca, maka ia akan lebih mudah beradaptasi dalam menyerap pelajaran di sekolah dan ini berdampak langsung pada prestasinya di sekolah.

 

Penulis: Mutia/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini