Konsumsi 9 Jenis Makanan dan Minuman Ini Saat Hamil Bisa Lancarkan ASI

Oleh Babyologist pada 11 Feb 2019, 07:00 WIB
20151014-Ilustrasi Sayur Mayur

Liputan6.com, Jakarta Makanan dan minuman punya pengaruh besar dalam produksi air susu ibu (ASI). Setidaknya ada sembilan makanan yang akan memperlancar ASI ketika ibu hamil mengonsumsinya, seperti yang dituturkan Mommy Editha Arlidllasari dari Babyologist.

Ibu mana yang tidak menginginkan dikaruniai ASI yang lancar dan melimpah? Semua ibu pasti menginginkan hal tersebut. Nah Moms sudah bisa mempersiapkan semuanya sejak kehamilan lho, yaitu dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat memperlancar ASI.

Makanan untuk solusi ASI lancar

1. Daun Katuk

Khasiat daun katuk memang sudah bukan menjadi rahasia lagi. Hal ini disebabkan karena daun katuk mengandung lactagogum yang dapat meningkatkan serta melancarkan produksi ASI. Selain itu, daun katuk juga kaya akan antioksidan yang baik bagi tubuh. Jadi sudah dapat dipastikan daun katuk bisa menjadi solusi ASI lancar ya Moms.

2. Pepaya

Pepaya ternyata  juga banyak dikonsumsi oleh para ibu hamil untuk melancarkan produksi ASI saat menyusui kelak. Kandungan pepaya ternyata mampu meningkatkan produksi hormon oksitosin yang berperan dalam proses produksi ASI. Semakin tinggi kadar hormon oksitosin, maka ASI yang akan diproduksi pun akan semakin banyak.

3. Sayuran Hijau

Pada dasarnya semua sayuran hijau mampu meningkatkan produksi ASI. Tidak hanya itu saja, sayuran hijau juga bermanfaat dalam proses pembentukan sel darah merah serta mencegah terjadinya anemia. Sebuah studi menyatakan bahwa ibu yang mengalami anemia dapat menyebabkan terjadinya penurunan produksi ASI di kemudian hari. Sayuran-sayuran hijau ini bisa Moms rebus atau kukus agar nutrisi yang terkandung tidak hilang.

4. Beras Cokelat

Beras cokelat dipercaya sebagai salah satu ASI booster yang ampuh untuk meningkatkan produksi ASI. Tidak hanya itu saja, makanan satu ini pun mampu meningkatkan stamina bagi para ibu yang baru saja melalui proses persalinan.

5. Sup

Moms pasti pernah merasakan bagaimana rasanya energi begitu terkuras saat proses persalinan berlangsung. Tahukah Moms dengan mengonsumsi sup hangat nyatanya bisa meningkatkan stamina, membuat tubuh lebih rileks, serta meningkatkan produksi ASI lho. Lauk sup ini bisa Moms pilih sesuka hati, bisa menggunakan ayam, ikan ataupun daging.

6. Cereal

Siapa di sini yang rutin mengonsumsi cereal untuk sarapan? Sudahkah Moms mencoba oats yang dicampur dengan chia seeds dan yoghurt? Wah, rasanya pasti nikmat. Tidak hanya itu saja, ketiga bahan tersebut ternyata juga mampu meningkatkan produksi ASI lho.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu meningkatkan produksi ASI. Tidak heran ya Moms banyak sekali ASI booster yang mengandung bahan dasar berupa kacang-kacangan dan salah satu yang terkenal adalah kacang almond.

8. Fenugreek

Fenugreek merupakan salah satu herbal yang sangat direkomendasikan dalam meningkatkan produksi ASI. Selain itu, efek kerja yang cukup cepat juga menjadikan herbal satu ini diminati oleh para ibu menyusui.

9. Air

Air ini yang paling penting lho, Moms. Tidak hanya mengingat bahwa tubuh kita sebagian besar mengandung air. Namun, ketika ASI dikeluarkan maka akan menurunkan kandungan air dalam tubuh kita, sehingga kita perlu menggantinya dengan cara mengonsumsi air. Tidak heran kan para busui cukup sering merasakan haus apabila rutin menyusui.