Sukses

8 Usaha Ibu agar Produksi ASI Lancar

Bagi Anda yang baru atau akan menjadi ibu, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar produksi ASI lancar.

Liputan6.com, Jakarta Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin produksi Air Susu Ibu (ASI) lancar. Nah, Mom Cindy Fransisca dari Babyologist berbagi tips agar selama menyusui produksi ASI melimpah. 

Setelah melahirkan, tugas seorang mama adalah menyusui anaknya dengan ASI eksklusif. Tapi tidak semua wanita sehabis melahirkan dianugerahi ASI yang banyak. Sedangkan awal-awal bayi lahir, is sangat membutuhkan ASI selama 6 bulan, karena ASI merupakan makanan utama bayi yang baru lahir. ASI harus diberikan secara eksklusif pada enam bulan pertama agar manfaat ASI dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang.

Rutin memberikan ASI pada enam bulan pertama kelahiran juga akan meminimalisir adanya alergi karena zat antibodi pada ASI dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi. 

Jadi untuk para Moms yang mungkin awal masa menyusui ASI-nya masih belum lancar, jangan putus asa dulu, karena sebenarnya terdapat banyak cara untuk memperlancar ASI, beberapa tips yang dipercaya dapat memperlancar ASI adalah sebagai berikut:

1. Memijat Payudara

Dengan melakukan pemijatan yang benar maka produksi ASi bisa meningkat.

2. Memompa ASI

Rajin memompa ASI akan membuat payudara selalu terangsang untuk memproduksi ASI.

3. Menyusui setiap 2-3 jam

Dengan menyusui yang teratur juga dapat menjadi solusi ASI lancar bagi banyak Moms, di mana jadwal menyusui yang teratur dapat membuat produksi ASI akan semakin terangsang.

4. Hindari stres

Jauhkan pikiran dari stres, karena hal tersebut hanya akan membuat produksi ASI terganggu akibat dari hormon dalam tubuh yang tidak seimbang. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Makan makanan bergizi

Makanan bergizi dan sehat akan meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Maka dari itu setiap hari diperlukan tambahan asupan kalori 300 - 500.

6. Banyak mengosumsi air putih

Rutin dan cukupi kebutuhan air mineral akan membantu ASI agar terus diproduksi secara teratur. Tidak hanya air mineral, minum jus tanpa gula (baik jus buah maupun sayur) juga akan memperbanyak ASI. 

7. Meminum suplemen penambah ASI

Bisa meminum tambahan suplemen untuk penambah ASI seperti yang tersedia dalam bentuk teh, susu atau pil juga dapat menjadi solusi ASI lancar bagi busui. Tapi sebelum mengosumsinya, konsultasikan ke dokter kandungan/dokter anak ya Moms.

8. Memperbanyak makan kacang-kacangan

Dengan banyak mengonsumsi makanan yang berbahan kacang, maka dipercaya dapat memperlancar ASI. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang dimiliki oleh kacang.

Perlu diingat bahwa Moms jangan membandingkan kelancaran ASI dengan Moms yang lainnya, karena tubuh setiap wanita pasti berbeda-beda. Jadi, jangan menyerah dalam memberikan ASI eksklusif, karena seberapa pun jumlah ASI yang diberikan, ASI tersebut akan memberi banyak manfaat untuk si Kecil.

Saya pribadi sangat bersyukur karena sebagai seorang mama bisa menyusui Meghan dengan ASI eksklusif sampai ia berusia 23 bulan. Tentunya itu semua karena niat dan semangat hingga saya bisa melakukannya.

 

Semoga Bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini