Manfaat Hebat Membolehkan Anak Bermain di Luar Ruangan

Oleh Liputan6.com pada 10 Feb 2019, 06:00 WIB
Pemprov DKI Jakarta Akan Bangun 16 RPTRA Tahun 2019

Liputan6.com, Jakarta Bermain di taman, lapangan, kebun dan area luar ruangan lainnya begitu menyenangkan bagi si Kecil. Namun, tidak sedikit orangtua yang khawatir anak jadi kotor saat bermain di luar ruangan. Alhasil, anak dilarang main di luar ruangna.

"Melarang anak bermain di luar ruangan sama saja dengan membatasi ruang eksplorasinya. Jadi, stimulasinya kurang," ujar psikolog Ratih Ibrahim saat ditemui dalam acara kampanye " Iya Boleh" dari Dancow di, Jakarta.

Bila anak hanya bermain di dalam rumah perkembangan motoriknya kurang optimal. "Ini menyebabkan anak jadi kurang berani, percaya diri, kreatif dan cerdas," kata Ratih.

Mengingat manfaat besar dari bermain di luar ruangan, jangan takut untuk mengizinkan anak bermain di taman atau kebun. Pastikan saja anak membersihkan diri setelah bermain.

Orangtua juga perlu ikut beraktivitas bersama anak agar suasana lebih menyenangkan dan membentuk bonding.

"Banyak yang bisa dilakukan bersama anak, misalnya earthing supaya berani, bermain balok susun atau lego supaya cerdas, main cap tangan atau pernik supaya kreatif, punya binatang peliharaan supaya peduli dan mengajak merapikan mainan untuk melatih kepemimpinan," ungkap Ratih.

 

anak
ilustrasi ibu dan anak/copyright Pexels/Zun Zun
2 of 2

Jangan lupa nutrisi

Nutrisi Anak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Selain mengajak anak bermain, orangtua pun perlu memaksimalkan nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, protein, vitamin dan protein.

"Sebelum mengoptimalkan stimulasi, nutrisinya harus penuh dulu supaya tubuhnya kuat. Dan tambahkan cinta serta kasih sayang supaya orangtua mudah menakar asupan nutrisi, stimulasi dan empatinya agar lebih optimal," tutupnya.

 

 

Penulis: Cynthia Amanda Male/Dream.co.id

Lanjutkan Membaca ↓