Sukses

14 Cara Ampuh Mengontrol Diri saat Marah (1)

Mengontrol rasa marah itu penting sehingga kita tidak melakukan sesuatu yang buruk atau merugikan orang lain

Liputan6.com, Jakarta Marah adalah emosi yang normal pada manusia. Namun, kemarahan bisa berbuntut panjang jika diluapkan secara agresif, merusak, atau memicu pertengkaran dengan orang lain.

Oleh karena itu, mengontrol kemarahan itu penting agar tidak melakukan hal buruk untuk Anda atau merugikan orang lain. Kala marah mulai terus meningkat, jangan biarkan sampai mendidih. Berikut beberapa caranya seperti dilansir laman Healthline, Jumat (8/2/2019).

1. Berhitung mundur

Berhitung mundur dari 10. Bisa saja dari 100, jika sangat marah. Saat Anda menghitung, detak jantung akan melambat dan amarah akan mereda.

2. Ambil napas

Napas Anda menjadi lebih cepat dan pendek saat marah. Oleh karena itu, ambilah napas dalam-dalam dari hidung lalu keluarkan dari mulut selama beberapa saat.

3. Jalan kaki

Olahraga dapat membantu menenangkan saraf dan mengurangi kemarahan. Berjalan-jalan atau naik sepeda dapat membantu Anda mengontrol emosi. Namun, pastikan saat jalan kaki atau naik sepeda juga waspada akan lingkungan sekitar saat marah. 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Mengulangi kalimat yang menenangkan

 

Cari kata atau frasa yang dapat membantu Anda menjadi lebih tenang dan fokus. Kata-kata yang dimaksud bisa seperti “Tenang”, “Semua akan baik-baik saja”, dsbnya.

5. Lakukan meditasi

Meditasi maupun yoga dapat membantu mengendalikan emosi yang meningkat. 

6. Imajinasi

Masuklah ke sebuah ruangan yang tenang, tutup mata Anda, dan mulai berimajinasi. Tidak peduli pikiran berada di gunung atau tengah laut. Hal ini dapat membantu Anda menemukan ketenangan saat marah.

7. Putar lagu menenangkan

Anda hanya perlu menyiapkan daftar musik atau lagu yang disukai, pasang earphone, dan bersenandunglah.

(Penulis: Dara Elizabeth)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.