Manfaat Makan Jeruk, Buah yang Selalu Ada Saat Perayaan Imlek

Oleh Liputan6.com pada 05 Feb 2019, 15:00 WIB
Berburu Jeruk Keberuntungan Jelang Imlek

Liputan6.com, Jakarta Jeruk selalu ada di rumah-rumah orang yang merayakan Imlek. Kehadirannya identik dengan keberuntungan.

Selain itu, warna buah tersebut juga memiliki makna yang baik. Warna oranye pada buah jeruk yang ada di suguhan perayaan Imlek dianggap menunjukkan akan kemakmuran.

Bentuk buah yang bundar pas dengan kepercayaan Tionghoa. Bundar adalah tanda kesempurnaan.

Selain sarat makna, mengonsumsi buah jeruk pun kaya manfaat. Setelah mengonsumsi makanan enak, mengakhirinya dengan mengupas jeruk tentu menyegarkan. Makan satu buah jeruk saja, sudah meningkatkan kesehatan mata Anda.

Dari penelitian yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa makan satu jeruk dapat mengurangi risiko terkena degenerasi makula yang merupakan penyebab utama kebutaan akibat usia seperti dilansir laman Bustle, Selasa (5/2/2019).

Bukti lain soal manfaat jeruk untuk kesehatan mata adalah yang dilakukan Westmead Institute for Medical Research. Mereka mengungkapkan data bahwa lebih dari 2.856 peserta berusia 49 tahun ke atas yang makan satu jeruk setiap hari terbukti dapat mengurangi risiko terkena degenerasi makula dibandingkan dengan mereka yang tidak makan buah jeruk setiap harinya.

 

Jeruk Kimkit
Jeruk kimkit atau jeruk Imlek menjadi buah yang penting di Hari Raya Imlek.

Menurut, Bamini Gopinath dari University of Sydney mengatakan, sebelumnya ia telah meneliti manfaat vitamin A, C, dan E untuk kesehatan mata, namun ia baru meneliti kandungan flavonoid pada jeruk dapat membantu mencegah degenerasi makula.

"Pada dasarnya kami menemukan bahwa orang yang makan setidaknya satu buah jeruk setiap harinya memiliki risiko lebih rendah terkena degenerasi makula dibandingkan dengan orang yang tidak pernah makan buah jeruk. Makan jeruk bisa melindungi mata karena adanya kandungan flavonoid yang tinggi pada buah ini," kata Gopinath.

Tidak hanya itu, dilansir dari Live Science, jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan ini dapat menetralkan tubuh dari radikal bebas. Sehingga, risiko terkena penyakit seperti kanker dan jantung menurun seperti ditulis dalam Medical Journal Pharmacognosy.Tidak hanya dapat mengurangi risiko tersebut, jeruk juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang ketika berhadapan dengan virus dan infeksi.

(Penulis: Siti Nurhaifa)

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

Live Streaming

Powered by