Sukses

Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin?

Ahli gizi memaparkan waktu terbaik minum vitamin.

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang yang ingin menambah daya tahan tubuh usai sakit atau merasa tidak enak badan, biasanya akan minum vitamin tambahan. Namun masyarakat awam masih bingung kapan sebenarnya waktu terbaik seseorang mengonsumsi vitamin. Apakah malam atau pagi hari?

Menurut ahli gizi Rachel Olsen waktu terbaik mengonsumsi vitamin yaitu waktu yang paling Anda ingat. Jadi, bisa pagi, siang atau malam hari. 

"Namun, biasanya akan lebih mudah diingat di pagi hari," kata Rachel saat berkunjung ke kantor redaksi Liputan6.com ditulis Senin (4/2/2019).

Selain itu, ia juga mengingatkan ada beberapa vitamin yang bakal lebih baik dikonsumsi dengan memperhatikan asupan makanan. 

"Saat mengkonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin A, D, E, dan K, yang larut dalam tubuh, itu sebaiknya diminum setelah makan supaya bisa terserap tubuh. Kalau vitamin kompleks seperti vitamin B dan C yang yang larut di dalam air, itu waktu minumnya boleh kapan saja," ujar Rachel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minum vitamin sesuai kebutuhan

Menurut dokter Karin Wiradarma dari Klikdokter, pada dasarnya, vitamin aman untuk dikonsumsi selama masih dalam dosis yang dianjurkan dan sesuai dengan kebutuhan tubuh sehari-hari. Namun, memang dokter biasanya menganjurkan pemberian vitamin untuk mereka diantaranya:

- sedang sakit

- dalam masa penyembuhan

- anak sulit makan

- anak/remaja dalam masa pertumbuhan

- sulit/kurang makan

- kurang gizi

(Penulis: Siti Nurhaifa)

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.