Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

IUD Bisa Lepas Saat Bercinta? Ini Kata Pakar

Sebelum menggunakan IUD, ada baiknya Anda mengetahui plus minus apa saja yang akan terjadi saat bercinta.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang membuat IUD kurang disukai sebagai alat kontrasepsi? Padahal ketika alat kontrasepsi bentuk T ini ditanamkan dalam rahim, Anda tak perlu khawatir lagi saat lupa suntik atau minum pil KB. Ataupun bertanya-tanya apakah karet kondom yang digunakan aman.

Menurut sebuah survei yang dirangkum dalam laman Womenshealthmag, kenyamanan bercinta dan perubahan hormon menjadi alasannya. Selain itu, banyak wanita yang merasa takut jika IUD dapat lepas ketika bercinta dan terjadi pendarahan. Benarkah?

Nah, sebelum menggunakan IUD, ada baiknya Anda mengetahui plus minus apa saja yang akan terjadi saat bercinta.

1. IUD tak mempengaruhi gairah seks

"Ada dua jenis IUD: non-hormonal dan hormonal, yang keduanya tidak akan berdampak pada hasrat seksual Anda atau bagaimana perasaan Anda saat berhubungan seks," kata Jaime Knopman, MD, pakar kesuburan di pos terdepan New York di Colorado Center untuk Kedokteran Reproduksi.

Anda mungkin bahkan tidak akan tahu IUD Anda ada di sana, kata Knopman. "Karena IUD ditempatkan di rongga rahim, Anda tidak bisa melihatnya atau merasakannya, jadi itu seharusnya tidak memiliki dampak negatif pada kehidupan seks Anda." 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengaruhi siklus bulanan

2. IUD hormonal pengaruhi siklus bulanan

Alyssa Dweck, M.D., seorang ginekolog di New York, mengatakan wanita yang seringkali mengalami mentruasi deras dan kram akan merasakan periode datang bulan yang lebih ringan. Ini karena dampak progestin dalam IUD hormonal.

IUD hormonal akan mengurangi pendarahan dan kram selama haid dan bahkan bisa menghentikan keduanya.

3. Gairah seks jauh lebih baik

"Seks bisa lebih spontan ketika Anda tidak perlu mengingat untuk minum pil," kata Jess O'Reilly, Ph.D., seorang ahli seks untuk Astroglide.

4. Pasangan mungkin merasakan kawat IUD saat bercinta

Tapi Dweck mengatakan itu tidak mungkin. Selama AKDR Anda benar pada tempatnya, Anda dapat bersandar pada fakta bahwa mereka dirancang untuk menjadi sangat tipis dan nyaris tidak terlihat, bahkan melunak dari waktu ke waktu.

3 dari 3 halaman

Tak mungkin hamil

5. Anda tidak mungkin hamil

Baik IUD hormonal dan non-hormonal lebih dari 99 persen efektif mencegah kehamilan, menurut Planned Parenthood.

6. Perhatikan setiap tindakan seks

Seks yang kasar tidak akan membuatnya bergeser dari posisi.

Ya, IUD Anda bisa lepas, tetapi jarang terjadi. "Pada tahun pertama setelah mendapatkan IUD, tingkat lepas IUD karena seks sekitar 5 persen," kata Twogood.

7. Pendarahan pasca seks

Beberapa wanita mengalami pendarahan saat berhubungan seks dengan IUD - terutama IUD hormonal - meskipun itu tidak umum.

"IUD hormonal menipiskan lapisan endometrium, bagian dalam rahim yang luruh setiap bulan dengan menstruasi," kata Sara Twogood, M.D., asisten profesor kebidanan dan ginekologi klinis di Keck School of Medicine di California.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.